Share

Demi Redakan Ketegangan, Pangeran Kamboja Berencana Kunjungi Korut

Emirald Julio, Okezone · Sabtu 13 Mei 2017 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 13 18 1690161 demi-redakan-ketegangan-pangeran-kamboja-berencana-kunjungi-korut-vxXnVuo6Db.jpg Foto Pangeran Kamboja, Norodom Ranariddh (Foto: Reuters)

PHNOM PENH โ€“ Ketegangan Semenanjung Korea saat ini menjadi perhatian berbagai negara apalagi dengan tindakan provokasi Korea Utara (Korut) yang acap kali membuat geram Amerika Serikat (AS). Melihat keadaan tersebut, Pangeran Kamboja berniat mengunjungi Pyongyang demi berusaha meredakan ketegangan.

Khmer Times mewartakan, Pangeran Norodom Ranariddh berjanji akan meredakan ketegangan di Semenanjung Korea dengan mengunjungi Korut pada Juli 2017. Namun, sang pangeran menegaskan, hanya China yang memiliki peran utama demi mencegah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

โ€œBiarkan China menjadi penengah sebelum kita mengatakan apa pun. Jika China gagal membuat kemajuan, maka saya sebagai teman dekat pemimpin Korut dan saya akan mengatakan sesuatu demi memastikan agar perang nuklir tidak terjadi,โ€ tutur sang Pangeran Kamboja, sebagaimana dikutip dari UPI, Sabtu (13/5/2017).

Pangeran Ranariddh juga mengatakan, ia dan delegasinya dari Partai Funcinpec mengunjungi Pyongyang karena memiliki tujuan lain selain meredakan ketegangan. Kunjungan itu juga dilakukan demi meningkatkan hubungan partainya dengan Partai Buruh Korut.

UPI mewartakan, pengumuman Pangeran Ranariddh itu diadakan usai adanya pertemuan antara politisi Kamboja dengan Kepala Urusan Internasional untuk Partai Buruh Korut, Ma Chol Su.

Sekadar informasi, hubungan Korut-Kamboja awalnya terbentuk ketika Raja Norodom Sihanouk menghabiskan masa pengasingannya di Kamboja. Pada saat itu, sang raja banyak berdialog dengan pendiri Korut, Kim Il-sung, hingga keduanya menjalin persahabatan.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini