Bahaya, di Supermarket Ini Ditemukan Sejumlah Produk Kedaluwarsa

Hari Istiawan, Okezone · Rabu 31 Mei 2017 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 31 519 1704298 bahaya-di-supermarket-ini-ditemukan-sejumlah-produk-kedaluwarsa-TTGMLMAzhJ.jpg BBPOM temukan makanan kedaluwarsa di supermarket (Foto: Hari Istiawan)

MALANG - Tim dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya bersama UPT Perlindungan Konsumen Disperindag Jawa Timur menemukan sejumlah produk kedaluwarsa yang masih di-display di supermarket Robinson Ramayana, Malang, Jawa Timur.

Sidak yang digelar secara mendadak ini juga menyasar sejumlah swalayan lainnya. Selain di Malang, tim juga dibagi ke beberapa wilayah seperti Lamongan, Bojonegoro, Kediri, Batu, Tulungagung.

"Sidak ini untuk intensifikasi pengawasan pangan menjelang Lebaran," kata Kepala Seksi Pemeriksaan BBPOM Surabaya, Joni Edrus Setiawan di sela-sela sidak di Malang, Rabu (31/5/2017).

Dalam pemeriksaan di Robinson Ramayana, kata Joni, ditemukan tiga item produk yang sudah kedaluwarsa di rak display. Pihaknya akan memberikan surat teguran kepada pelaku usaha yang lalai.

Menurutnya, petugas langsung memusnahkan produk-produk kedaluwarsa tersebut di lokasi. Jenis produk kedaluwarsa dan ditemukan di rak display adalah makanan ringan Enak Rasa salak rasa pedas, Fresh Fruit Cocktail, dan roti atau biskuit Monka.

Pengelola yang menjual kategori pangan kadaluwarsa atau tercemar, kata Joni, bisa dijerat UU Perlindungan Konsumen Nomor 08 Tahun 1999 dan UU Nomor 1i Tahun 2012 tentang Pangan.

Supervisor fashion Ramayana Bambang Triono mengatakan, barang tersebut kondisinya seperti itu ketika dikirim. Menurutnya, setiap minggu disisir untuk memeriksa kondisi barang di setiap rak. "Cek terakhir di sini mungkin lolos," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini