nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

VIDEO: Bukti Perbudakan Seks Jepang terhadap Perempuan Korea

Silviana Dharma, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 13:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 11 18 1733491 video-bukti-perbudakan-seks-jepang-terhadap-perempuan-korea-qDE1QrlOok.jpg Perempuan Korsel korban perbudakan seks Jepang. (Foto: Youtube/KBS News)

UNTUK pertama kalinya terungkap ke publik, video yang merekam bukti aksi perbudakan seks oleh Jepang terhadap 200 ribu perempuan Korea. Seperti diketahui, selama ini hubungan kerjasama kedua negara terkendala oleh isu wanita penghibur ini.

Bukti itu ditemukan tim peneliti dari Seoul National University di antara ratusan gulungan film bulan lalu. Tim yang dipimpin Profesor Chung Chin-sung membutuhkan waktu sekira dua tahun untuk mencari rekam jejak yang tersimpan di arsip nasional dan arsip administrasi Amerika Serikat.

“Kami berharap penemuan baru ini akan menarik perhatian publik terhadap pentingnya masalah ini. Sehingga ketika Presiden Moon Jae-in melakukan pembicaraan bilateral pertamanya dengan PM Jepang Shinzo Abe di sela KTT G-20 akhir pekan ini, atmosfir renegosiasi lebih segar,” harapnya, seperti disunting dari Arirang News via Youtube, Selasa (11/7/2017).

Sejarah mencatat bahwa selama Perang Dunia II, tentara Jepang pernah melancarkan praktik penculikan, pemerkosaan, dan pemaksaan terhadap perempuan muda di tanah jajahannya. Mereka diperjualbelikan menjadi budak seks tentara Negeri Sakura.

Sumber: Youtube/Arirang News

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang paling vokal menuntut pertanggungjawaban Jepang terhadap kasus ini. Beberapa dekade telah berlalu, tetapi kurangnya bukti mengganjal perbaikan hubungan kedua negara secara historis.

Kini, pemerintah Negeri Gingseng seperti mendapatkan jalan keluarnya. Ditemukan, video berdurasi 18 detik yang menampilkan tujuh perempuan Korea korban perbudakan nafsu tentara Jepang di Provinsi Yunnan, barat daya China. Peristiwa itu terekam pada 1944.

Sumber: Youtube/KBS News

Analisa mendalam yang dilakukan pihak universitas menunjukkan bahwa ketujuh perempuan dalam video tersebut identik dengan foto tujuh perempuan Korea korban perbudakan seks Jepang. Rekaman itu diambil oleh seorang juru foto perang AS sesaat setelah Yunnan direklamasi China dari Jepang.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini