Image

Brakk..Terperosok Longsor, Bus Rombongan Calon Haji Kecelakaan di Taput

Erie Prasetyo, Jurnalis · Kamis, 10 Agustus 2017 - 20:24 WIB
Kecelakaan bus rombongan haji di Tapanuli Utara (Foto: Wahyudi Aulia) Kecelakaan bus rombongan haji di Tapanuli Utara (Foto: Wahyudi Aulia)

MEDAN - Bus yang membawa rombongan calon jamaah haji dari Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut) ke Embarkasi Medan mengalami kecelakaan di Tapanuli Utara (Taput), Kamis (10/8/2017).


Akibat kecelakaan tersebut, 2 korban dikabarkan tewas. Salah satunya merupakan anggota Polres Taput. Sementara 3 korban luka berat lainnya sedang menjalani perawtan di RSUD Tarutung.

Kasubbag Humas Aiptu Walpon Baringbing mengatakan, kecelakaan berawal saat 4 bus ALS yang membawa rombongan calon haji berjalan beriringan melintasi jalan longsor yang sedang diperbaiki di Desa Lubupining.

Petugas Polres Taput ketika itu mengatur lalu lintas yang macet karena kondisi jalan berlumpur dan cukup licin. Sistem buka tutup pun diberlakukan petugas yang saat itu langsung dipimpin Kapolres Taput AKBP DR Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat.

Satu per satu mobil dan bus yang melintas dipersilakan petugas untuk lewat. Namun, entah mengapa, tiba-tiba bus ke-4 meluncur kencang hingga tak bisa dikendalikan sopir dan akhirnya menyeruduk sejumlah orang yang berada di sisi kiri dan kanan jalan.

Bus yang meluncur tersebut bahkan zig-zag hingga menyambar sejumlah orang karena kondisi jalan aspal licin akibat tanah liat yang longsor. Kondisi jalan yang menurun tajam membuat laju bus semakin liar.

Bus juga menyeret sebuah sepeda motor dan akhirnya berhenti di sisi jalan setelah menabrak batu. Begitu juga dengan orang yang berada di depan dan di sisi jalan, tak luput dari sambaran truk. Akibatnya 3 orang luka berat dan luka ringan.

Saat ini, Polres Taput masih menyelidiki peristiwa tersebut. Sementara seorang sopir bus nahas dengan nomor pintu 170 disebut-sebut berinisial HN diduga melarikan diri setelah kejadian tersebut.

"Bus ALS tersebut masih ditahan guna kepentingan penyelidikan. Korban meninggal dunia Brigadir David Marpaung saat ini sedang disemayamkan di Polres Taput untuk menunggu keluarga dan rencananya dibawa ke kampung halamannya di Perdagangan," ujar Aiptu Walpon Baringbing.

Sementara korban tewas lainnya, masih belum diketahui identitasnya. Untuk calon jamaah haji yang busnya mengalami kecelakaan akhirnya diberangkatkan menggunakan bus lainnya ke Asrama Haji, Kota Medan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming