Image

Wah! Hari Ini, Pakistan Rayakan Kemerdekaan ke-70 Tahun

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Senin 14 Agustus 2017, 06:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 14 18 1755338 wah-hari-ini-pakistan-rayakan-kemerdekaan-ke-70-tahun-3WREEfbsI5.jpg Bendera Pakistan. (Foto: Khaleej Times)

SUDAH genap 70 tahun berlalu sejak Pakistan dan India terpisah dan terbebas dari kependudukan Kerajaan Inggris. Terpisahnya kedua negara tersebut pada masa lalu telah memicu konflik mengerikan. Kebebasan dua negara dari Britania Raya dan perpisahan tersebut telah memicu proses migrasi manusia terbesar sepanjang sejarah.

Saat itu, sekira 12 juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka demi menyelamatkan diri dari konflik. Kaum Muslim, Hindu dan Sikh diketahui menjadi target pembantaian dalam sebuah pergolakan politik. Kedua negara bisa dikatakan lahir dengan cara menyakitkan.

Guna menghentikan konflik yang memakan korban lebih dari 1 juta jiwa tersebut, Inggris kemudian membangun perbatasan yang akhirnya benar-benar memisahkan kedua negara. Kini, India dan Pakistan sama-sama merayakan hari kemerdekaan ke-70 pada pekan ini.

Pakistan diketahui merdeka pada 14 Agustus 1947 dan India merdeka sehari setelahnya atau pada 15 Agustus 1947. Seorang saksi mata mengungkapkan bagaimana mengerikannya situasi konflik menjelang hari kemerdekaan tersebut.

"Semua orang dulu merasa takut. Kami takut seseorang bisa datang dan membunuh kami. Dulu kami sangat waspada bahkan kami akan tidur secara bersama-sama dalam satu keluarga," ujar Niranjan Singh yang kala itu berusia 5 tahun sebagaimana dikutip dari Euro News, Senin (14/8/2017).

Sayangnya, hingga kini hubungan kedua negara masih kerap tegang. Meski 7 dekade telah berlalu baik India dan Pakistan kerap terlibat konflik terutama terkait masalah perbatasan.

Sementara itu, Khaleej Times melaporkan, bahwa kemerdekaan Pakistan ke-70 disambut warganya dengan antusias baik yang berada di dalam maupun luar negeri. Berbagai ucapan dan doa bagi Pakistan menghiasi media sosial dengan berbagai hastag seperti #PakIndependenceDay dan #PakistanZindabad.

"Saya harap perayaan hari kemerdekaan akan menyenangkan dan bagi teman-teman saya di Pakistan, selamat merayakan dan menikmati," tulis seorang warga Pakistan bernama Rasheed Ahmad yang diketahui tengah tinggal di luar negeri.

Netizen lain menyerukan semangat persatuan bagi warga Pakistan.

"Demi Pakistan dan Tuhan, mari kita tunjukkan persatuan, iman dan disiplin ke seluruh dunia. Kami adalah bangsa terbaik," tulis Shakeel Arshad melalui Twitter.

Pengibaran bendera India dan Pakistan secara bersama-sama. (Foto: Euro News)

Selain ucapan selamat, beberapa netizen juga mendoakan perdamaian antara India dan Pakistan serta menyampaikan selamat.

"Baik India dan Pakistan berasal dari satu rute dan satu tanah air, dan tinggal bersama selama 1.000 tahun dengan damai dan bermartabat," ujar Taj Afridi.

Tak hanya dari warga Pakistan, ucapan selamat juga datang dari warga negara India. Hal ini tentunya merupakan wujud nyata harapan masyarakat kedua negara yang ingin terus hidup rukun.

"Aku berharap teman-teman kita di sisi lain perbatasan merayakan Hari Kemerdekaan dengan bahagia," terang seorang warga negara India, Varsha Singh.

Beberapa orang lainnya mengunggah gambar yang mencakup beberapa prestasi paling terkenal di Pakistan selama 70 tahun terakhir, seperti pembangunan jalan beraspal tertinggi di dunia, pelabuhan laut yang terbesar di dunia, dan Changu Mora Punjab yaitu salah satu Hutan buatan manusia tersebesar di dunia.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini