Astaga! Tentara India-China Terlibat Pertikaian Perbatasan

Emirald Julio, Okezone · Rabu 16 Agustus 2017 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 16 18 1757308 astaga-tentara-india-china-terlibat-pertikaian-perbatasan-cVpyt1JhTa.jpg Foto ilustrasi (Foto: India Today)

SRINAGAR – Tentara China dan India terlibat pertikaian akibat masalah perbatasan di Himalaya yang ternyata telah memanas selama dua bulan terakhir. Pertikaian ini diduga akan meningkatkan ketegangan dalam sengketa perbatasan antara kedua negara tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Rabu (16/8/2017) sumber keamanan di New Delhi mengatakan, pertikaian itu pecah pada Selasa 15 Agustus 2017 ketika sejumlah tentara China masuk ke wilayah India. Insiden itu terjadi di Ladakh yang berlokasi di dekat Danau Pangong.

Sumber yang tak disebutkan namanya itu mengklaim, para tentara China datang dengan membawa besi dan batu. Akibat pertikaian itu, tentara dari kedua belah pihak menderita luka-luka ringan.

Kabar pertikaian itu juga dibenarkan oleh anggota polisi dan tentara India di Kota Srinagar. Namun Reuters mewartakan, militer India menolak untuk berkomentar terkait pertikaian tersebut.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, juga sempat disinggung pertanyaan mengenai pertikaian tersebut. Indian Express mewartakan, ia menjawabnya dengan mengatakan, “Saya tidak mengetahui informasi itu.”

Chunying menuturkan, pasukan Tentara Pembebasan Rakyat selalu berpatroli di bagian wilayah China dari Line of Actual Control (LAC). “Pihak China berkomitmen terhadap perdamaian dan ketenangan perbatasan China-India. Kami mendesak pihak India mematuhi LAC dan konvensi yang relevan antara kedua belah pihak,” tambahnya.

Tentara China-India sebenarnya sudah terlibat dalam kebuntuan di dataran tinggi Doklam tepatnya di bagian lain dari perbatasan gunung tanpa tanda yang memiliki luas 3.500 kilometer. China berulang kali meminta India secara sepihak untuk menarik tentara dari Doklam jika tidak ingin memicu terjadinya ketegangan.

Ketegangan ini dimulai pada Juni 2017 ketika India mengerahkan pasukannya untuk membangun jalan di wilayah Doklam. Sekadar informasi, wilayah ini merupakan area terpencil tidak berpenduduk yang diklaim kedaulatannya oleh China dan India yang merupakan sekutu India.

India mengklaim, mengirim tentaranya karena aktivitas China di Doklam terjadi di dekat persimpangan perbatasan antara Tiongkok, India, dan Bhutan. Karena itu India memandangnya sebagai ancaman terhadap wilayahnya.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini