Korut Luncurkan Proyektil Jarak Pendek ke Laut Jepang

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Sabtu 26 Agustus 2017 06:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 26 18 1763512 korut-luncurkan-proyektil-jarak-pendek-ke-laut-jepang-GFwPDrlfkv.jpg Ilustrasi rudal Korut (Foto: AFP)

SEOUL – Sebagaimana yang sudah diprediksi, Korea Utara (Korut) kembali meluncurkan sejumlah proyektil jarak pendek ke laut lepas. Proyektil tersebut ditembakkan Korut dari Provinsi Kangwon, yang berada di sebelah timur negara tersebut.

Diwartakan Reuters, Sabtu (26/8/2017), Kepala Staf Militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan, proyektil tersebut terbang ke arah timur laut sejauh 250 kilometer (km). Proyektil tersebut kemudian jatuh ke Laut Jepang.

Proyektil tersebut diluncurkan oleh Korut sekira pukul 06.49 waktu setempat. “Pihak militer sedang mengawasi dengan ketat Korea Utara untuk mengatasi provokasi lebih lanjut,” bunyi pernyataan resmi Kementerian Pertahanan Korea Selatan, seperti dimuat BBC.

Uji coba tersebut dilangsungkan di tengah latihan militer gabungan (latgab) antara Korsel dengan AS. Latihan tersebut dijadwalkan berlangsung hingga 31 Agustus 2017. Presiden Korsel Moon Jae-in sebelumnya sudah mewanti-wanti agar Korut tidak menganggap latihan tersebut sebagai alasan melakukan provokasi.

“Tidak ada keinginan sama sekali untuk memanaskan tensi militer di Semenanjung Korea karena latihan-latihan ini dilakukan setiap tahun dan selalu untuk kepentingan pertahanan,” tegas Moon Jae-in pada Senin 21 Agustus 2017.

Ia meminta agar Korut tidak mengeluhkan upaya Korsel untuk menjaga perdamaian. Pyongyang juga diimbau agar tidak melibatkan diri dalam provokasi yang hanya akan menambah runyam situasi dengan menggunakan latihan tersebut sebagai alasan seperti yang sudah-sudah.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini