Share

Kru Pesawat Maskapai Asal Hong Kong Mengaku Saksikan Rudal Korut Meluncur di Udara

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Selasa 05 Desember 2017 00:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 05 18 1825173 kru-pesawat-maskapai-asal-hong-kong-mengaku-saksikan-rudal-korut-meluncur-di-udara-df9vOxas9o.jpg Rudal Hwasong-15 milik Korut. (Foto: CNN)

HONG KONG - Maskapai penerbangan asal Hong Kong, Cathay Pacific menyebut, salah satu krunya telah melihat langsung rudal milik Korea Utara (Korut) meluncur di udara. Saat kejadian, kru tersebut tengah bekerja melayani di pesawat dengan nomor penerbangan CX893 dari Hong Kong menuju San Fransisco, Amerika Serikat (AS).

Sayangnya, Cathay Pacific tidak menyebutkan rincian lokasi di mana kru tersebut melihat rudal Korut. Pesawat CX893 langsung melaporkan penemuan rudal ke otoritas lalu lintas udara Jepang sesuai prosedur yang ada. Sebagaimana diketahui Korut meluncurkan rudal pada pekan lalu atau tepatnya pada Rabu 29 November.

BACA JUGA: Korut Pamerkan Foto Rudal Raksasa ke Publik

Meski mendapati rudal, hingga saat ini, Cathay Pacific belum ada rencana untuk mengubah rute penerbangan. Sebagaimana dilansir dari Asia One, Selasa (5/12/2017), pihak Cathay Pacific mengaku lokasi rudal melintas masih cukup jauh dari lintasan pesawat. Namun, manajer Cathay Pacific

"Kami tetap waspada dan meninjau kembali situasi saat ini," ujar Manajer Cathay Pacific, Mark Hoey.

Hoey menambahkan, awak pesawat tersebut menyatakan, jika rudal Korut terbang dan berakhir dengan meledak berantakan. Diketahui terdapat ruter penerbangan llain yang lebih terancam yaitu rute dari Hong Kong ke Meksiko. Kala itu, pesawat Cathay Pacific dengan nomor penerbangan CX096 posisinya diketahui lebih dekat dengan rudal ketimbang CX893.

BACA JUGA: Korut Klaim Rudal Balistik Barunya Mampu Menjangkau Seluruh Daratan AS

Sebelumnya, Pyongyang mengklaim bahwa rudal Hwasong-15 yang merupakan rudal balistik antarbenua terbang mencapai ketinggian 4.475 kilometer (km) dan meluncur turun sejauh 950 km dari lokasi peluncurannya. Korut juga menyatakan, rudal ini akan mempu menghantam daratan Negeri Paman Sam. Sayangnya, pernyataan ini masih diragukan sejumlah analis.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini