Share

Warga Korut Gelar Pesta Besar Pasca-Peluncuran Rudal Balistik

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Minggu 03 Desember 2017 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 03 18 1824432 warga-korut-gelar-pesta-besar-pasca-peluncuran-rudal-balistik-NUtPp0sg0O.jpg Warga Korut menggelar pesta pasca-peluncuran rudal. (Foto: Reuters)

PYONGYANG - Masyarakat Korea Utara (Korut) menggelar pesta besar setelah uji coba rudal balistik antarbenua diklaim berhasil. Pesta tersebut digelar di pusat Kota Pyongyang dengan suguhan tarian tradisional dan pertunjukan kembang api.

Surat kabar lokal Korut, Rodong Sinmun menampilkan foto-foto pesta tersebut di halaman utama mereka. Foto-foto itu menunjukkan ribuan tentara dan warga berkumpul bersama di alun-alun Kim Il-sung. Mereka nampak bertepuk tangan dengan raut wajah bahagia dan membawa poster bertuliskan dukungan kepada negara.

BACA JUGA: Korut Klaim Rudal Balistik Barunya Mampu Menjangkau Seluruh Daratan AS

"Kami sungguh-sungguh merayakan kesuksesan peluncuran rudal Hwasong-15. Rudal ini menunjukkan kekuatan dan kehebatan Chosun (Korea Utara) ke seluruh dunia," tulis banner yang dipegang oleh beberapa orang sebagaimana disitat dari The Star, Minggu (3/12/2017).

Sebagaimana diketahui, Korut melakukan uji-coba peluncuran rudal pada Rabu 29 November lalu. Peluncuran rudal tersebut dilakukan pada dini hari waktu setempat. Lokasi peluncuran diketahui berada di Pyongsong, sebuah wilayah di dekat Ibu Kota Pyongyang. Rudal tersebut terbang melintasi Laut Jepang dan jatuh di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Negeri Matahari Terbit.

Sayangnya, orang nomor satu di Korut, Kim Jong-un dilaporkan absen dalam perayaan pesta tersebut dengan alasan yang tak diketahui. Sebagai gantinya, Wakil Ketua Komite Sentral Pengambilan Keputusan, Pak Kwang-ho menggantikan sang diktator muda untuk berbicara di depan publik.

BACA JUGA: Pink Lady Korut Kembali Curi Perhatian Saat Peluncuran Rudal Balistik

Dalam pidatonya, Pak Kwang-ho menyebut, Amerika Serikat (AS) telah "tersentak" dengan kekuatan nuklir Korut yang terus menguat. Korut mengklaim rudal Hwasong-15 adalah roket balistik antarbenua yang dilengkapi dengan hulu ledak super besar yang mampu menyerang seluruh daratan AS. Namun para analis menyangsikan klaim tersebut.

Ketegangan di Semenanjung Korea diperkirakan akan meningkat dalam beberapa pekan mendatang setelah Korea Selatan (Korsel) juga melakukan peluncuran rudal sebagai balasan untuk Korut. Negeri Paman Sam juga diketahui telah menerjunkan sekira 230 pesawat termasuk enam jet tempur siluman AS F-22 Raptor ke Semenanjung Korea.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini