Image

Pendakwah Nilai Pedoman Dakwah MUI Sebagai Panduan Penting

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017, 09:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 14 337 1776242 pendakwah-nilai-pedoman-dakwah-mui-sebagai-panduan-penting-35rSa5lNru.jpg

JAKARTA - Belum lama ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan surat ketentuan pedoman dakwah bagi para Dai di Indonesia.

Dikeluarkannya surat keputusan tersebut berdasarkan pedoman yang dibahas dan ditetapkan oleh Komisi Dakwah MUI se-Indonesia pada Multaqa Dai Nasional Komisi Dakwah MUI Pusat tanggal 13-15 Desember 2016 lalu di Jakarta.

Terkait hal itu, ustaz kondang Zakky Mirza berpendapat, hal itu merupakan upaya positif yang dilakukan MUI sebagai pedoman dakwah seorang Da'i terutama Da'i muda.

"Dengan adanya pedoman dakwah dari MUI, minimal para pendakwa terutama dai muda, konten dakwahnya lebih terarah," katanya kepada Okezone, Jumat (15/9/2017).

Kekhawatiran pria yang pernah kuliah di Fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar Kairo Mesir itu, melihat metode dakwah kekinian yang sering kali berbenturan dengan norma dan nilai.

"Yang pertama itu, dakwah yang sifatnya mengajak orang berbuat anarkis, itu yang harus diantisipasi," tambahnya.

Apalagi, lanjut Zakky, dakwah demi kepentingan politik dan kepentingan sepihak, itu yang tak kalah penting harus diantisipasi. "Rujukan pedoman dakwah yang dikeluarkan MUI ini, yang namanya dakwah harus murni dakwah," imbuhnya.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, MUI menyebutkan bahwa kenyataannya berbagai persoalan kegamaan di masyarakat kerap kali terjadi. MUI menyebutkan, bahwa peran Dai di Indonesia tidak hanya sebatas menyampaikan dakwah, lebih dari itu seorang Dai juga bertanggung jawab untuk bela negara.

Hal itu tertuang dalam bab materi dakwah di pedoman dakwah yang ditanda tangani Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin dan Sekretaris Jendral MUI, H Anwar Abbas.

(ydp)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini