Bertemu di Roma, Menlu Indonesia dan Italia Bahas Pentingnya Kelapa Sawit

Putri Ainur Islam, Okezone · Selasa 10 Oktober 2017 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 10 18 1792388 bertemu-di-roma-menlu-indonesia-dan-italia-bahas-pentingnya-kelapa-sawit-YXK0UUNXSW.jpg Menlu Retno dan Menlu Angelino Alfano. (Foto: Kemlu)

ROMA - Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) tengah mengadakan pertemuan bilateral di Roma, Italia. Pada kesempatan tersebut, Menlu Retno Marsudi dan Menlu Italia Angelino Alfano membicarakan isu-isu penting seperti perdagangan bilateral dan investasi.

“Italia merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Uni Eropa. Italia merupakan mitra dagang ketiga terbesar Indonesia di UE,” ungkap Menlu Retno Marsudi pada pertemuan bilateral yang diadakan pada Senin 9 Oktober waktu setempat, seperti dikutip dari keterangan tertulis Kemlu, Selasa (10/10/2017).

Menlu Retno juga menegaskan bahwa pengusaha Italia, terutama di bidang energi dan infrastuktur, telah lama berkiprah di Indonesia.

“Perekonomian Indonesia yang terbuka semakin banyak membuka peluang bagi kerjasama pelaku usaha kedua negara di berbagai bidang lain,” tambah Menlu Retno.

BACA JUGA: Indonesia Jadi Contoh soal Kehidupan Harmonis dalam Perbedaan oleh Komunitas Sant' Egidio di Italia

Saat pembahasan isu kelapa sawit, Menlu Retno juga menekankan pentingnya fair treatment dan menghindari adanya diskriminasi kelapa sawit asal Indonesia. Ia mengapresiasi Pemerintah Italia sebagai salah satu importir terbesar kelapa sawit Indonesia yang turut mendukung industri kelapa sawit di tanah air. Italia adalah negara tujuan ekspor minyak sawit mentah (CPO) Indonesia terbesar untuk wilayah Uni Eropa serta mitra pengembang industri kreatif Indonesia.

Selain itu, Menlu Retno Marsudi juga mengatakan, industri kelapa sawit menjadi perhatian besar Pemerintah Indonesia karena menyangkut hidup sekira 20 juta penduduk Indonesia. Menjawab pernyataan itu, Menlu Italia Angelino Alfano pun menyambut baik pandangan Indonesia dan menyebutkan peran penting dan strategis Indonesia tidak saja bagi Italia, tetapi bagi Uni Eropa.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini