Ada-Ada Saja, Ribuan Guru Dipecat karena Tidak Mampu Kerjakan Soal Ujian SD

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Rabu 11 Oktober 2017 16:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 11 18 1793297 ada-ada-saja-ribuan-guru-dipecat-karena-tidak-mampu-kerjakan-soal-ujian-sd-FBFgWsWub0.jpg Ilustrasi guru di Nigeria (Foto: BBC)

KADUNA – Seorang guru seharusnya mampu mengerjakan soal yang ditujukan bagi murid-muridnya. Akan tetapi, ribuan guru di Kaduna, Nigeria, nyatanya gagal mengerjakan soal ujian yang sedianya ditujukan bagi siswa berusia enam tahun atau setara kelas satu sekolah dasar (SD).

Menteri di Negara Bagian Kaduna, Nasir el Rufai menuturkan, sedikitnya 21.780 orang guru gagal melewati angka kelulusan minimal yakni 75% dari total soal. Jumlah tersebut nyatanya hampir sepertiga dari total guru yang mengajar murid sekolah dasar di Kaduna.

Nasir menambahkan, pihaknya saat ini sedang berusaha merekrut 25 ribu tenaga pengajar baru. Sebab, 21.780 orang itu akan dipecat dalam waktu dekat. Data memalukan itu diungkapnya dalam sebuah pertemuan dengan perwakilan Bank Dunia beberapa hari lalu.

“Cara merekrut guru di masa lalu penuh muatan politik. Kami ingin mengubahnya dengan cara merekrut anak-anak muda yang memenuhi kualifikasi sebagai guru sekolah dasar untuk mengembalikan harga diri dunia pendidikan di Kaduna,” tukas Nasir el Rufai, mengutip dari BBC, Rabu (11/10/2017).

Masalah lain yang ditemukan adalah tidak meratanya persebaran guru sekolah dasar di Kaduna. Nasir el Rufai berjanji untuk segera mengatasi masalah persebaran yang tidak merata tersebut.

El Rufai menerangkan, beberapa wilayah di Kaduna saat ini hanya memiliki satu orang guru untuk setiap sembilan orang murid. Rasio tersebut dianggap ideal. Namun, ada wilayah lain di mana rasio guru dengan murid sangat jauh, yaitu bisa mencapai satu orang guru untuk 100 murid.

(war)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini