nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beijing Kerahkan Kapal Perang, Jet Tempur untuk Usir Kapal AS dari Laut China Selatan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 00:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 11 18 1793698 beijing-kerahkan-kapal-perang-jet-tempur-untuk-usir-kapal-as-dari-laut-china-selatan-o3st9dxSUu.jpg Kapal frigate China, CNS Huangshan. (Foto: Wikipedia)

BEIJING – China mengirimkan kapal perang dengan rudal berpemandu, dua jet tempur dan sebuah helikopter untuk memperingatkan dan mengusir kapal perusak Amerika Serikat (AS), USS Chafee yang berkeliaran di dekat pulau sengketa di Laut China Selatan.  Kehadiran kapal AS itu dianggap telah merusak kedaulatan dan kepentingan keamanan China di wilayah tersebut.

BACA JUGA: China Akan Usir Kapal Induk AS yang Berpatroli di Wilayah Laut China Selatan

USS Chafee berlayar pada jarak 16 mil laut dari Kepulauan Paracel di Laut China Selatan yang disengketakan oleh China, Taiwan dan Vietnam. AS telah berulangkali mengirimkan kapal perangnya ke wilayah itu atas dasar prinsip “kebebasan navigasi” yang dianut Washington.

"Dalam menghadapi provokasi yang berulang dilakukan oleh pasukan AS, militer China akan terus memperkuat persiapan untuk berperang di laut dan di udara dan memperbaiki pertahanan untuk secara tegas mempertahankan kepentingan kedaulatan dan keamanan nasionalnya," demikian pernyataan dari Kementerian Pertahanan China menanggapi kehadiran USS Chafee sebagaimana dilansir South China Morning Post, Kamis, (12/10/2017).

Frigate tipe 054A yang dilengkapi rudal berpemandu,  'Huangshan,' dua jet tempur J-11B dan satu helikopter Z-8 dikirim untuk mengidentifikasi kapal AS tersebut dan membuatnya meninggalkan perairan sengketa.

Kementerian Pertahanan China menambahkan, insiden ini akan mempengaruhi rasa percaya antara kedua negara dan mendesak AS untuk menghormati kedaulatan dan keamanan Negeri Tirai Bambu.

Pejabat militer AS mengatakan, USS Chafee tidak melewati batas perairan teritorial sejauh 12 mil laut dari Kepulauan Paracel. Mereka mengatakan, USS Chafee dikirim dengan misi untuk menantang “klaim wilayah laut yang berlebihan” yang dilakukan China di wilayah Laut China Selatan.

BACA JUGA: Abaikan China, AS Kirim Kapal Induk ke LCS

China mengklaim sebagian besar wilayah di Laut China Selatan berdasarkan sembilan garis putus-putus (nine dashed lines). Klaim tersebut tumpang tindih dengan beberapa negara seperti Thailand, Taiwan, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Brunei Darussalam. AS beberapa kali mengerahkan kapalnya ke perairan sengketa tersebut untuk membuktikan klaim penghormatan kebebasan navigasi dan penerbangan yang dinyatakan oleh China.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini