Astaga... Hendak Cari Suaka, 7 Imigran Asal Libya Meninggal di Kapal saat Perjalanan ke Italia

Putri Ainur Islam, Okezone · Kamis 02 November 2017 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 02 18 1806986 astaga-hendak-cari-suaka-7-imigran-asal-libya-meninggal-di-kapal-saat-perjalanan-ke-italia-peFl5DeuF9.jpg Para pencari suaka yang berhasil diselamatkan. (Foto: Anadolu Agency)

ROMA - Sebuah kapal yang terombang-ambing asal Libya pada 1 November berhasil diselamatkan dalam operasi di wilayah selatan Mediterania. Sekira 900 orang berhasil diselamatkan. Namun sayang, terdapat tujuh orang yang sudah meninggal dunia. Hal tersebut disampaikan oleh penjaga pantai Italia.

Penyelamatan tersebut merupakan salah satu hari penyelamatan paling intens yang tercatat di daerah itu dalam beberapa bulan terakhir dan mengikuti penurunan tajam jumlah migran yang mencapai Italia.

Seorang juru bicara mengatakan, ketujuh mayat tersebut dijemput oleh sebuah kapal di bawah komando angkatan laut Uni Eropa yang beroperasi di Laut Tengah. Dia tidak memiliki informasi lebih lanjut tentang siapa mereka atau bagaimana mereka meninggal.

Ke-900 imigran itu diselamatkan dalam delapan misi berbeda, juru bicara tersebut menjelaskan. Ia juga menambahkan bahwa dia memperkirakan semua imigran tersebut akan dibawa ke Italia pada akhir pekan ini.

Dikutip Middle East Monitor, Kamis (2/11/2017), Kementerian Dalam Negeri Italia mengatakan bahwa Kedatangan migran di Italia turun 30% dalam delapan bulan pertama tahun ini, terutama pada Juli. Penurunan tajam tersebut terjadi setelah Italia memiliki kesepakatan dengan Libya untuk memblokir pencari suaka agar tidak berlayar ke Italia.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, penjaga pantai Libya telah memainkan peran yang jauh lebih aktif dalam mencegah penyeberangan. Awal pekan ini, pihaknya mencegat 299 migran dari negara-negara Afrika sub-Sahara di dua kapal karet di sebelah timur Tripoli, kata beberapa pejabat.

Garis pantai barat Libya adalah titik keberangkatan utama bagi para migran yang mencoba mencapai Eropa dengan kapal, banyak di antaranya melarikan diri dari konflik atau kemiskinan.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa antara Januari dan Oktober, 111.397 migran telah mencapai Italia dengan kapal dibandingkan pada periode yang sama pada 2016 yaitu 159.427. Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan bahwa sejauh ini setidaknya 2.630 orang telah meninggal di laut ketika mencoba menyeberang ke Italia.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini