nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap! Staf Kedubes Korut Bantu Pelarian Tersangka Pembunuhan Kim Jong-nam ke Jakarta

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 07 November 2017 09:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 07 18 1809627 terungkap-staf-kedubes-korut-bantu-pelarian-tersangka-pembunuhan-kim-jong-nam-ke-jakarta-rNyZi6mmdg.jpg Staf Kedubes Korut dan maskapai Air Koryo membantu pelarian empat tersangka pembunuhan Kim Jong-nam dengan tujuan pertama Jakarta (Foto: Kepolisian Diraja Malaysia)

SELANGOR – Sebulan sudah persidangan kasus pembunuhan terhadap Kim Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, digelar. Selama 30 hari itu pula, sidang hanya berfokus pada dua tersangka utama, Siti Aisyah asal Indonesia dan Doan Thi Huong asal Vietnam.

BACA JUGA: Sebulan Bersidang, Siti Aisyah Terus Diincar namun Otak Pembunuhan Kim Jong-nam Masih Misterius

Sementara itu, empat orang tersangka yang diduga berasal dari Korut, hampir-hampir tidak pernah disinggung. Keberadaan keempatnya yang berstatus buron pun tidak diketahui hingga saat ini. Sebab, keempat pria itu sudah berhasil melarikan diri atas bantuan staf Kedutaan Besar (Kedubes) Korut di Kuala Lumpur.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Penyidik Kepolisian Malaysia, Wan Azirul Nizam Che Wan Aziz, dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tinggi Selangor. Berdasarkan bukti video, tiga orang tersangka bertemu dengan seorang staf Kedubes Korut dan maskapai nasional Air Koryo dalam waktu satu jam setelah serangan mematikan tersebut.

BACA JUGA: Mengejutkan! Siti Aisyah Ditipu, Ini 4 Aktor Utama Pembunuhan Kim Jong-nam

BACA JUGA: Pertama Kalinya, Saksi Sebut Empat Nama Tersangka Lain Pembunuh Kim Jong-nam

Kedua staf yang tidak diketahui namanya itu terlihat membantu ketiga tersangka di konter check in Terminal Utama Bandara Internasional Kuala Lumpur. Staf Air Koryo itu lantas terlihat mengatur tiket perjalanan untuk tersangka keempat.

“Saya melakukan investigasi dan mendapat pernyataan tersebut dari pihak kedutaan dan Air Koryo. Mereka menjelaskan bahwa alasan keberadaan di sana adalah untuk membantu setiap warga Korea Utara yang ingin naik pesawat untuk meninggalkan Malaysia,” ucap Wan Azirul Nizam, melansir dari The Star, Selasa (7/11/2017).

BACA JUGA: TERUNGKAP! Satu Tersangka Pembunuhan Kim Jong-nam Pernah Bekerja di Jakarta 

BACA JUGA: Transit di Jakarta, Indonesia Tak Dapat Perintah Pencegahan Buron Kasus Kim Jong-nam

Keempat pria itu diidentifikasi bernama Hong Song-hac, Ri Ji-hyon, Ri Jae-nam, dan O Jong-gil. Keempatnya dikabarkan sempat singgah di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng. Akan tetapi, Indonesia tidak mendapat pemberitahuan penahanan dari Malaysia sehingga mereka lolos.

Sebagaimana diketahui, Kim Jong-nam tewas diracun di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 (KLIA) pada 13 Februari 2017. Pria berusia 46 tahun itu diketahui meninggal dunia akibat terpapar racun mematikan VX yang dilumuri oleh Siti Aisyah dan Doan Thi Huong.

BACA JUGA: Kakak Tiri Kim Jong-un Tewas Diracun di Malaysia 

Kedua perempuan itu mengelak tuduhan melakukan pembunuhan terhadap Kim Jong-nam. Siti dan Doan sama-sama mengaku menjalankan aksinya tersebut untuk kepentingan video iseng atau prank.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini