nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadiri Wisuda, Mugabe untuk Pertama Kalinya Muncul di Depan Publik Sejak Kudeta

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 17 November 2017 17:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 17 18 1815944 hadiri-wisuda-mugabe-untuk-pertama-kalinya-muncul-di-depan-publik-sejak-kudeta-m9l0eaVLrR.jpg Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, menghadiri upacara kelulusan di salah satu perguruan tinggi di Ibu Kota, Harare. (Foto: AP)

HARARE - Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe muncul untuk pertama kalinya di depan publik sejak pengambilaihan kekuasaan oleh militer yang terjadi awal pekan ini. Pria berusia 93 tahun itu menghadiri upacara kelulusan di sebuah universitas di Ibu Kota Harare.

Diwartakan Evening Standard, Jumat (17/11/2017), Mugabe yang mengenakan jubah akademis dan toga biru-kuning terlihat berjalan perlahan di atas karpet merah dengan iringan musik marching band. Dia berdiri untk mendengarkan lagu nasional Zimbabwe dinyanyikan sebelum memberikan pidato kepada ribuan sarjana.

Kemunculannya itu mendapatkan sambutan dan sorakan dari para hadirin.

BACA JUGA: Bertemu Satu Meja, Para Pemimpin Parpol Penguasa Zimbabwe Rencanakan Kudeta Presiden Mugabe

BACA JUGA: Mengenal Mugabe, Tokoh yang Berkuasa Lebih Lama dari Soeharto

Mugabe dan keluarganya dilaporkan menjadi tahanan rumah menyusul pegambilalihan kekuasaan oleh militer pekan ini. Meski begitu, Mugabe tetap menolak untuk meletakkan jabatannya sebagai presiden Zimbabwe.

Militer Zimbabwe mengatakan, tindakan yang mereka lakukan bukanlah sebuah kudeta melainkan sebuah "koreksi tidak berdarah". Militer Zimbabwe mengklaim hanya menargetkan para penjahat di sekitar Mugabe.

BACA JUGA: Pastur Zimbabwe Dipanggil untuk Bujuk Mugabe yang Ogah Lengser

Robert Mugabe adalah satu-satunya presiden yang pernah berkuasa di Zimbabwe sejak negara itu merdeka dari penjajahan Inggris pada 1980. Selama 37 tahun Mugabe berkuasa, perekonomian Zimbabwe hancur dan terpuruk menjadikan negara itu sebagai salah satu negara termiskin di Afrika.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini