Image

Kemensos Kirimkan Tim Psikolog dan Tagana Tangani Korban Sandera di Mimika

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 20 November 2017 22:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 20 519 1817486 kemensos-kirimkan-tim-psikolog-dan-tagana-tangani-korban-sandera-di-mimika-vJOIKjRscW.jpg Kemensos (foto: Okezone)

MALANG - Terkait insiden pembebasan warga sipil dari kelompok kriminal bersenjata di Kabupaten Mimika. Kementerian Sosial (Kemensos) berperan dengan mengirimkan sejumlah bantuan.

Pihak Kemensos sudah mengirimkan tim layanan psikologi guna mendampingi trauma pada para korban sandera.

"Sudah datang dua hari lalu. Pagi ini tim Kemensos juga datang ke lokasi dengan membawa bantuan kepada korban sandera," jelas Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, Minggu sore (20/11/2017/).

Pihak juga tengah berkordinasi dengan berbagai pihak termasuk TNI, POLRI, dan Pemkab Mimika untuk mengidentifikasi mana yang bisa kembali ke daerah asalnya. Mana pula yang mempunyai keluarga di Mimika, supaya turut difasilitasi untuk berkumpul sementara.

Menurutnya, ada 344 warga yang sudah didata di gelombang pertama, dan sekitar 800 warga yang diidentifikasi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mimika.

"Anak-anak, ibu-ibu, perempuan, bahkan bapak-bapak yang mengalami trauma sudah kami dampingi," tuturnya di sela - sela kunjungannya ke Kabupaten Malang.

Sementara terkait bantuan tempat tinggal sementara bagi korban. Mensos Khofifah menyatakan tim tagana sudah siap dengan peralatan tenda yang ada.

"Saat ini tim tagana Kemensos juga sudah menyiapkan 7 tenda mana kala ada korban sandera yang membutuhkan tempat tinggal sementara," ungkapnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini