Share

AHA Centre Tekankan Pentingnya Kejasama Pemerintah dan Swasta dalam Penanggulangan Bencana

Putri Ainur Islam, Okezone · Selasa 05 Desember 2017 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 05 18 1825661 aha-centre-tekankan-pentingnya-kejasama-pemerintah-dan-swasta-dalam-penanggulangan-bencana-p9Jb6yTZHd.jpg Direktur Eksekutif AHA Centre Adelina Kamal. (Foto: AHA Centre)

JAKARTA - ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management (AHA Centre) menggelar sebuah seminar di Graha BNPB bertajuk ‘Mendorong Kerjasama Pemerintah dan Swasta (Public-Private Partnerships atau PPP) Dalam Penanganan Bencana: Menuju One ASEAN One Response’. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mempromosikan kerjasama pemerintah dan swasta dalam penanggulangan bencana di wilayah Asia Tenggara.

“Kami sangat berbahagia dapat merayakan tahun keenam berdirinya AHA Centre dengan berbuat lebih bersama para pemangku kepentingan kami, khususnya pihak swasta dan media karena kami ingin menggarisbawahi pentingnya kerjasama pemerintah dan swasta (PPP) dalam penanggulangan bencana” ungkap Adelina Kamal, Direktur Eksekutif AHA Centre dalam konferensi pers, Selasa (5/12/2017).

Adelina Kamal juga menambahkan, peran AHA Centre adalah badan utama yang menangani bencana di wilayah ASEAN. AHA Centre juga memastikan kerjasama Pemerintah dan Swasta yang baik di wilayah dalam penanggulangan bencana di tahap persiapan, respons, dan usaha perbaikan setelah bencana.

AHA Centre juga berharap ingin agar berbagai pihak, dari mulai swasta, masyarakat, maupun pemerintah, saling merangkul dalam mengadakan diskusi mengenai kerjasama dalam hal menangani bencana dan merespons keadaan darurat.

Dalam kesempatan acara ini, AHA Centre juga memfokuskan keterlibatan para pihak swasta yang memiliki misi yang sama dalam program Tanggung Jawab Sosial (CSR) perusahaan mereka dalam hal bantuan kemanusiaan ataupun penanggulangan bencana dan juga para pihak lain yang mendukung segala usaha untuk One ASEAN, One Response.

Seminar ini berupa panel diskusi interaktif tingkat tinggi dengan para pembicara yang berkualitas. Tentunya momen tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan masukan-masukan dari para mitra potensial dalam membangun kerjasama inovatif dalam hal membangun komunitas ASEAN yang kuat.

Kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), Sekretaris Jenderal ASEAN, dan berbagai perusahaan swasta dan media.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini