nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Agendakan Sejumlah Pertemuan dengan Pemimpin ASEAN di Sela IMF-World Bank 2018

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 20:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 04 18 1959849 jokowi-agendakan-sejumlah-pertemuan-dengan-pemimpin-asean-di-sela-imf-world-bank-2018-uE7GoL0XR8.jpeg Presiden Jokowi. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan sejumlah pertemuan dengan pemimpin negara-negara ASEAN di sela perhelatan Pertemuan IMF-World Bank 2018 yang akan digelar di Nusa Dua, Bali dari 8-14 Oktober.

Pada 11 Oktober pagi, Presiden Jokowi akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong dalam pertemuan tahunan Indonesia-Singapore Leaders Retreat.

"Tahun lalu dalam pertemuan Leader's Retreat di Singapura kedua pemimpin mencanangkan tema kerja sama ekonomi digital. Tahun ini, selain tetap mendorong ekonomi digital, kita juga mendorong penguatan kerja sama investasi," demikian disampaikan Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri, Denny Abdi pada press briefing di Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Pada kesempatan ini, kedua pemimpin akan menyaksikan penandatanganan perjanjian perlindungan penanaman modal antara Indonesia-Singapura.

Presiden Jokowi (Hambali/Okezone)

Indonesia dan Singapura juga akan membahas mengenai kerja sama pelatihan serta penendatanganan 8 nota kesepahaman (MoU), empat MoU di tingkat menteri dan kepala negara, sementara empat lagi di bidang pejabat tinggi dan BUMN.

Di hari yang sama, presiden juga akan menghadiri ASEAN Leaders Gathering. Pertemuan ini adalah pertemuan tingkat pemimpin ASEAN yang dilakukan di sela pertemuan IMF-World Bank 2018.

(Baca Juga : Perempuan di Saudi Dilarang Menikah Karena Pasangannya Seorang Pemain Musik)

Tujuan utama pertemuan ini adalah untuk memanfaatkan kehadiran Sekretaris Jenderal PBB, Presiden World Bank dan Direktur IMF di Bali dalam IMF World Bank 2018 guna membahas dan meningkatkan sinergi dan pembangunan berkelanjutan negara-negara ASEAN.

Pada 12 Oktober, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc. Ini adalah pertemuan bilateral kedua pemimpin sejak kunjungan presiden ke Vietnam pada September lalu.

(Baca Juga : AS Batalkan Visa Bagi Pasangan Diplomat LGBT)

Pertemuan ini akan membahas mengenai potensi kerja sama perdagangan dan investasi Indonesia- Vietnam agar kedua negara dapat tumbuh bersama.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini