Image

KPK Resmi Kabulkan Permohonan Justice Collaborator Andi Narogong

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 21:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 337 1827023 kpk-resmi-kabulkan-permohonan-justice-collaborator-andi-narogong-oVJXomALWH.JPG Febridiansyah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi mengabulkan permohonan Justice Collaborator (JC) untuk pengusaha yang diduga sebagai pengatur tender proyek e-KTP, Andi Agustinus alias Andi Narogong. Andi Dikabulkan sebagai JC sejak Selasa, 5 Desember 2017.

"Per 5 Desember 2017, secara kelembagaan dari KPK (Andi Agustinus) sudah dapat JC," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2017).

Kata Febri, pemberian status JC untuk Andi Narogong penting untuk membongkar keterlibatan pihak-pihak lain yang lebih besar dalam perkara korupsi e-KTP ini. Setelah dilakukan pertimbangan, Andi pun resmi mendapatkan status itu.

"Ini jadi pelajaran untuk seluruh tersangka dan terdakwa yang diproses KPK, akan lebih baik jadi JC," jelasnya.

Andi sendir‎i sudah mengakui perbuatannya yang melakukan tindak pidana korupsi pada persidangan Kamis, 30 November 2017 saat bersaksi sebagai terdakwa kasus dugaan korupsi e-KTP. Bahkan, Andi juga membongkar peran serta keterlibatan pihak-pihak lain dalam kasus ini.

Dalam persidangan, pengusaha yang diduga sebagai pengatur tender proyek e-KTP ini juga mengakui adanya fee sebesar 5 persen dari peserta konsorsium proyek e-KTP untuk anggota DPR. Andi juga berjanji akan mengembalikan uang hasil korupsi proyek e-KTP sebesar 2,5 juta Dollar Amerika.

Sementara itu, Jaksa pada KPK telah menuntut pengusaha pengatur tender proyek e-KTP, Andi Agustinus alias Andi Narogong dengan pidana delapan tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan.

Jaksa berpandangan, Andi Narogong terbukti secara sah dan meyakinkan ikut melakukan tindak pidana korupsi proyek pengadaan e-KTP, tahun anggaran 2011-2012. Andi diduga berperan sebagai pengatur tender proyek e-KTP.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini