Image

Peserta Konvensi Cawagub Ridwan Kamil Berasal dari Kader Parpol Koalisi

Oris Riswan, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 12:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 07 525 1826615 peserta-konvensi-cawagub-ridwan-kamil-berasal-dari-kader-parpol-koalisi-S7Gs2QNTC4.jpg Ridwan Kamil (Dok Okezone)

BANDUNG – Partai-partai pengusung Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2018 akan segera menggelar konvensi untuk menentukan sosok calon wakil gubernur (cawagub). Hal itu dilakukan karena masing-masing partai menginginkan kadernya menjadi pendamping pria yang akrab disapa Emil tersebut.

Ketua DPD Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa mengatakan, rencananya konvensi akan dibatasi. Tidak sembarangan orang bisa jadi peserta konvensi. Hanya kader partai pengusung Emil yang akan jadi peserta.

"Jadi untuk calon khusus memang diperuntukkan untuk kader-kader dari partai koalisi," kata Saan, Kamis (7/12/2017).

Hal itu dilakukan agar konvensi bisa berjalan lebih efektif. Jika melibatkan peserta dari luar parpol koalisi, penentuan cawagub diprediksi lebih rumit.

"Kalau kami buka dari luar, diperluas calonnya, itu akan semakin rumit lagi," ucapnya.

(Baca Juga: Ridwan Kamil dan Partai Pengusungnya Sepakati Konvensi untuk Tentukan Cawagub)

Meski dibatasi, partai pengusung nantinya diperbolehkan mengirimkan kandidat cawagubnya di konvensi lebih dari satu orang. Pilihan yang ada akan semakin terbuka.

Saan mengatakan, dalam konvensi itu nantinya melibatkan berbagai tokoh yang dinilai sebagai representasi masyarakat dari berbagai kalangan. Mereka yang akan menilai dan memberi masukan siapa yang dinilai layak menjadi cawagub.

Menurutnya, melalui konvensi itu diharapkan akan terpilih sosok yang tepat. Sebab, saat ini muncul beberapa nama yang diplot masing-masing partai untuk menjadi pendamping Emil.

Sementara agar cawagub nanti disepakati semua partai pengusung, nantinya dibuat mekanisme atau musyawarah. Siapa pun yang kelak dipilih akan bisa diterima dengan lapang dada oleh semua pihak.

(Baca Juga: Tak Kunjung Tentukan Pendamping, PPP Ancam Evaluasi Pencalonan Ridwan Kamil)

Konvensi bukan jadi arena mutlak untuk penentuan cawagub. Konvensi hanya jadi ajang bagi Emil dan partai koalisi untuk jadi arena pertimbangan. Sementara keputusan akhir ada di tangan Emil dengan catatan disepakati partai koalisi.

"(Keputusan) ada di Kang Emil. Namanya musyawarah atau konvensi itu kan pertimbangan saja, sebagai bahan masukan, bahan pertimbangan dalam kerangka Kang Emil mengambil keputusan," jelas Saan.

Sementara itu, Ketua DPW PPP Jawa Barat Ade Munawaroh meminta Emil objektif dalam penentuan cawagub kelak. Ia meminta agar tak konvensi hanya sekadar tempat untuk mencari sosok terbaik.

Tapi, ia juga meminta Emil mempertimbangkan penentuan cawagub berdasarkan hasil survei. "Tinggal dilihat hasil survei, sudah kelihatan siapa yang paling tepat menjadi cawagub," tegas Ade.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini