Jelang Akhir Tahun, Kepolisian Turut Sidak Pasar Pantau Ketersediaan Bahan Pokok

CDB Yudistira, Okezone · Selasa 12 Desember 2017 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 12 525 1829016 jelang-akhir-tahun-kepolisian-turut-sidak-pasar-pantau-ketersediaan-bahan-pokok-0ss333umQC.jpg Ilustrasi sidak pasar. (Foto: Okezone)

BANDUNG – Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto bersama Satuan Tugas Pangan yang terdiri dari Ditreskrimsus Polda Jabar, Pemerintah Provinsi Jabar, dan Pemerintah Kota Bandung hari ini turut melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Sederhana di Jalan Jurang, Sukajadi, Bandung.

Sidak tersebut dilakukan untuk memantau langsung harga dan ketersediaan bahan-bahan pokok yang diperlukan masyarakat jelang akhir tahun 2017.

"Ini merupakan kemauan dan iktikad Satgas Pangan Provinsi dari Polda, Bulog, kemudian dari PD Pasar, dari (Dinas) Kesehatan juga. Ini pengin memantau langsung, karena sebentar lagi akan ada libur panjang. Biasanya libur panjang itu masyarakat kita butuh atau meningkat kebutuhan sehari-harinya," ujar Irjen Agung usai memimpin sidak, Selasa (12/12/2017).

(Baca: Pedagang Kena Pungli, Polisi Lakukan Sidak di Pasar BPRS)

Berdasarkan hasil pengecekan, ungkap dia, terjadi beberapa kenaikan harga bahan-bahan pokok, seperti telur ayam ras yang semula Rp10.000 menjadi Rp10.400. Keadaan ini ternyata juga melanda beras jenis premium.

Kenaikan harga dua bahan pokok itu, lanjut Irjen Agung, didapati mereka saat bertanya langsung kepada para pedagang. Mereka mengungkapkan, hal ini terjadi akibat produksi dan panen yang dinilai belum maksimal.

"Sejauh ini masih relatif normal, tapi harganya," ucap Irjen Agung Budi Maryoto.

Selanjutnya, Satgas Pangan akan terus melakukan pemantauan terkait harga bahan-bahan pokok di pasaran. Jika ditemukan adanya kenaikan yang signifikan, maka Satgas Pangan bakal menyelidikinya hingga pihak distributor.

"Apakah memang murni naik? Karena mungkin tadi panennya gagal atau kurang, atau terjadi manipulasi atau penimbunan. Nah, kalau itu terjadi maka kita tim gabungan akan melakukan penyelidikan, dan kalau ada alat buktinya kita akan lakukan penyidikan," tegas dia.

(Baca: Sidak ke Pasar, Mentan: Pura-Pura Jadi Pembeli, Harga Bawang Putih Rp45 Ribu)

Selain terkait harga, Kapolda juga mengecek kebersihan barang-barang pokok. Dari sampel yang telah diambil dan diperiksa yakni berupa daging, telur, serta beras diketahui dalam keadaan layak dikonsumsi.

Adapun pengecekan kesterilan bahan-bahan pokok di antaranya meliputi zat boraks, formalin, pemutih, florin, serta pengawet lainnya. Namun, tidak ditemukan kebutuhan pokok yang terindikasi zat-zat berbahaya tersebut.

"Jadi saya yakinkan kepada masyarakat, yang penting tadi dari aspek kesehatan, layak untuk dikonsumsi," pungkasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini