Image

Mal di Filipina Terbakar, 40 Orang Tewas

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 24 Desember 2017, 10:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 24 18 1835245 mal-di-filipina-terbakar-40-orang-tewas-lMzQvd7dj7.JPG Api yang menghanguskan sebuah mal di Davao City, Filipina, belum bisa dipadamkan (Foto: Reuters)

DAVAO – Sekira 40 orang diyakini meninggal dunia karena terjebak dalam kebakaran hebat yang melanda sebuah pusat perbelanjaan di Davao City, Filipina. Wakil Wali Kota Davao City, Paolo Duterte mengatakan, kemungkinan para korban yang terjebak untuk selamat hampir tidak ada.

Api pertama kali membara di sebuah toko yang berada di lantai tiga Mall NCCC pada Sabtu 23 Desember pagi waktu setempat. Puluhan orang terjebak di dalam mal berlantai empat itu hingga Minggu (24/12/2017) pagi waktu setempat.

“Api mulai membara di lantai tiga, tempat sejumlah produk rumah tangga seperti kain, perabotan berbahan kayu dan plastik, sehingga api dengan cepat menyebar. Butuh waktu lama untuk pemadaman,” ujar petugas polisi Davao City, Ralph Canoy, mengutip dari The Guardian.

Ia mengatakan, tim penyidik menduga beberapa orang yang tewas kemungkinan terjebak di call centre mal tersebut yang berada di lantai paling atas. Layanan tersebut diketahui beroperasi selama 24 jam nonstop.

“Sepertinya mereka tidak menyadari dengan cepat penyebaran api karena sibuk bekerja,” tukas Canoy.

(Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mengunjungi lokasi kebakaran. Foto: EPA)

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mengunjungi pusat perbelanjaan tersebut pada Sabtu malam. Mantan Wali Kota Davao City itu merangkul keluarga dan kerabat korban yang berkumpul di lokasi kebakaran.

BACA JUGA: Jumlah Korban Tewas Akibat Badai Tropis di FIlipina Capai 182 Orang

Davao City adalah kota terbesar di selatan Filipina, berjarak sekira 900 kilometer (km) dari Ibu Kota Manila. Kebakaran terjadi hampir bersamaan dengan badai tropis yang mengakibatkan banjir serta tanah longsor yang menewaskan lebih dari 180 orang.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini