nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapa Paslon Paling Kuat di Pilgub Jabar 2018?

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 06:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 08 525 1841452 siapa-paslon-paling-kuat-di-pilgub-jabar-2018-CTKb7LoZdo.jpg Pasangan Pilgub Jabar Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi. Foto Okezone

JAKARTA – Sebanyak 171 daerah akan menggelar Pilkada Serentak pada Juni 2018. Di mana ada 17 provinsi dari 34 yang akan memilih gubernur dan wakil gubernur.

Salah satunya Jawa Barat, sederet pasangan calon telah bermunculan meramaikan pemilihan kepala daerah di daerah yang diklaim suara terbanyak di pulau Jawa ini.

Mereka yang bertarung yakni Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, diusung oleh Golkar dan Demokrat, Ridwan Kamil-UU Ruhzanul Ulum yang didukung oleh PPP, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, dan Partai Hanura.

Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum Resmi Maju Pilkada Jabar 2018

Lalu ada juga Gerindra dan PKS sudah sepakat berkoalisi untuk mengusung pasangan Mayjen (Purn) Sudrajat-Ahmad Syaikhu. Dan terkahir PDIP yang memiliki kursi terbanyak secara resmi mengusung pasangan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan untuk bertarung di Pilgub Jabar. Lalu bagaimana peta pertarungannya?

BACA: Maju Pilgub Jabar, TB Hasanudin-Anton Charliyan Siap Mundur dari Jabatannya

Direktur Populi Center, Usep S Ahyar melihat pertarung di wilayah Jawa Barat ini tidak akan banyak berubah meskipun terdapat pasangan baru, di mana pertarung sengit menurutnya akan terjadi pada pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dan Ridwan Kamil-UU Ruhzanul Ulum.

“Menurut saya peluang besar memang masih terbuka semua, cuma kalo dilihat pertarung sengit mungkin yang sudah lama punya modal berkampanye agak lama ini terus kemudian pencalonnya sudah agak lama disinggung dalam pesta politik yakni Ridwan Kamil-UU Ruhzanul Ulum dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi,” ujar Usep saat berbincang dengan Okezone, Senin (8/1/2018).

Golkar Resmi Usung Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar Maju Pilgub Jabar 2018

Bahkan, Usep menuturkan pasangan yang akan paling sangat berbahaya Ridwan Kamil-UU Ruhzanul Ulum. Sebab ia memandang wakil dari Ridwan Kamil yaitu UU akan menghasilkan pundi-pundi suara yang sangat kuat dikarenakan memilik latar belakang yang cukup kuat.

SIMAK: Mengenal Karakter dan Potret Pemilih di Pilgub Jawa Barat 2018

“UU yang potensi mengambil suara di Priangan Timur ,Garut, Ciamis, Tasik. Karena yang kita tau Priangan Timur, Tasik terutama ya dia kan Bupati Tasik,” kata Usep

“Kemudian UU itu juga salah satu cucu pendiri ponpes Miftahul Huda yang tersebar cabangnya hampir 1.000 di seluruh Priangan Timur dan diperkirakan jadi potensi untuk memperkuat suara pasangan ini (RK-UU) cukup tinggi,” imbuhnya.

Gerindra Usung Mayjen TNI Purnawirawan Sudrajat Maju sebagai Cagub di Pilgub Jabar

Meski begitu, Usep menjelaskan pertarungan di Jabar tetap memiliki peluang terhadap pasangan lainnya. Asalkan para pasangan itu mampu bekerja keras untuk menaikkan popularitas di kalangan masyarakat menjelang pilkada serentak diselenggarakan.

“Saya kira yang lain harus kerja keras ya, Mayjen (Purn) Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan harus kerja keras, karena menurut saya popularitas di Jabar masih belum terlihat,” terangnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini