Share

Menlu: PM Abe Kirim Utusan Khusus untuk Peringati 60 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 19 Januari 2018 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 19 18 1847416 menlu-pm-abe-kirim-utusan-khusus-untuk-peringati-60-tahun-hubungan-indonesia-jepang-nbvNdd1pRk.jpg Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone

JAKARTA - ‎Menteri Luar Negeri Retno Masudi mengatakan, kehadiran utusan khusus Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe‎ ke Istana Bogor untuk memperingati 60 tahun jalannya hubungan bilateral Indonesia-Jepang.

BACA JUGA: 6 Dasawarsa Hubungan Diplomatik RI-Jepang, Dubes Ishii: Ini Tahun Penting Bagi Kita

PM Shinzo Abe mengutus Sekjen Partai Liberal Demokrat Toshihiro Nikai serta 16 orang delegasi yang di antaranya merupakan anggota parlemen di negeri sakura hingga Wakil Menteri Lingkungan Hidup Jepang Nobumori Otani.

"Intinya Beliau (Toshihiro) diutus untuk hari ini dan besok ada acara memperingati 60 tahun Indonesia dengan Jepang. Jadi tahun ini merupakan tahun khusus karena 60 tahun hubungan diplomatik dengan Jepang," kata Retno di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/1/2018).

Retno menerangkan, pemerintah akan melakukan sejumlah kegiatan untuk merayakan 60 tahun hubungan bilateral itu. ‎Ke depan, kerja sama antara Indonesia-Jepang akan terus dilakukan secara konkret.

"Oleh karena itu, di dalam pertemuan tadi dibahas mengenai progres kerja sama yang menyangkut infrastruktur, banyak sekali proyek infrastruktur yang dilakukan Indonesia dengan Jepang," ujarnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono‎ dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melakukan pertemuan bersama para delegasi dan membahas secara spesifik apa saja proyek-proyek infrastruktur antara Indonesia-Jepang sebelum melakukan pertemuan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dalam pembicaraan dengan Presiden tadi,intinya pesan yang dibawa dari Tokyo adalah menegaskan kembali mengenai pentingnya Indonesia bagi Jepang, pentingnya Indonesia bagi kawasan dan Jepang sangat mengapresiasi sekali lagi kepemimpinan Indonesia di kawasan," ujarnya.

Retno melanjutkan, Kepala Negara juga telah meminta Jepang untuk mendukung pelaksanaan ajang Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Agustus 2018 mendatang.

BACA JUGA: Peringatan 60 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang, Ini Harapan Mantan PM Negeri Sakura

"‎Ada diskusi juga mengenai kerjas ama yang bersifat lingkungan hidup, misalnya untuk sungai Citarum dan Wakil Menteri Lingkungan Hidup Jepang juga akan meninjau sungai Citarum untuk menjajaki penjajakan awal kerja sama," tandasnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini