Ini Kronologi Terjadinya Bentrokan Ormas di Bekasi

Badriyanto, Okezone · Kamis 25 Januari 2018 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 25 525 1850095 ini-kronologi-terjadinya-bentrokan-ormas-di-bekasi-XvFnlRzGt0.jpg Ormas GMBI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing mengatakan, dugaan sementara dari peristiwa bentrok yang melibatkan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dengan kelompok Ormas lainnya dikarenakan ada unsur hinaan yang dialamatkan kepada ormas lainnya saat berorasi.

"Karena orasi yang dilakukan oleh GMBI, yang dianggap telah menghina Ormas gabungan yang sudah stanby di Pemkot," kata Erna saat dikonfirmasi, Kamis (25/1/2018).

 (Baca: Bentrok Antar Ormas di Bekasi, Belasan Orang Alami Luka-Luka)

Peristiwa itu terjadi pada pagi tadi, saat itu sejumlah GMBI dan Ormas lain menggelar aksi unjuk rasa di depan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Pada saat orasi massa aksi asal Ormas gabungan merasa tersinggung dengan orasi perwakilan GMBI.

"Sehingga memancing kemarahan ormas gabungan dan akhirnya terjadi pelemparan botol mineral dari arah dalam Pemkot yang selanjutnya terjadi saling melempar antara massa GMBI dengan ormas gabungan, sehingga bentrok tidak terhindari," lanjut Erna.

Bentrok berlangsung kurang lebih sekira 30 menit dan akhirnya berhasil dilerai oleh petugas polisi yang berusaha mengawal dan mengamankan aksi unjuk rasa tersebut. Akibat bentrok itu, sebanyak belasan orang mengalami luka-luka karena kena lemparan batu.

Selain itu, banyak pula kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang rusak karena kena sasaran lemparan batu dari dua arah Ormas.

"Ada kendaraan yang rusak akibat lemparan batu, 3 unit kendaraan roda 4 milik LSM GIBAS, 3 unit kendaraan roda 2 Honda Spacy warna hitam dan

Honda Beat warna merah," pungkasnya. (muf)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini