nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Survei Cyrus Network: Duo DM dan RK-Uu Bersaing Ketat di Pilgub Jabar

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 15:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 05 525 1854937 survei-cyrus-network-duo-dm-dan-rk-uu-bersaing-ketat-di-pilgub-jabar-MA5dYSePcH.jpg Survei Cyrus Network (Foto: Fahreza Rizky)

JAKARTA - Cyrus Network menggelar survei mengenai kekuatan politik kandidat yang akan berlaga di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Hasilnya, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Duo DM) bersaing ketat untuk mendapatkan dukungan tertinggi.

Managing Direktor Cyrus Network, Eko Dafid Afianto memaparkan, selisih dukungan elektoral kedua pasangan hanya terpaut sekitar 5% saja. Ridwan-Uu mendapatkan 45,9% suara voters dan Deddy-Dedi mendapatkan angka elektabilitas 40,9%.

"Sementara itu, pasangan Sudrajat-Syaikhu dan TB Hasanudin-Anton Charliyan masing-masing baru mendapatkan dukungan sebesar 5% dan 2,5%," ujar Eko di Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (5/2/2018).

(Baca Juga: Polda Jabar Siagakan 24.200 Personel Gabungan Amankan Pilkada 2018)

Eko menuturkan, hasil temuan survei ini juga memperlihatkan bahwa Uu Ruzhanul Ulum tidak memberi nilai tambah elektoral yang signifikan terhadap Ridwan Kamil. Pasalnya, dalam berbagai survei selama ini elektabilitas RK sudah di atas 40%.

"Sedangkan pasangan kejutan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi ternyata saling memberi nilai tambah yang signifikan sehingga ketika berpasangan mereka mampu mengejar elektabilitas Ridwan Kamil," jelasnya.

Dua pasangan lainnya, yakni Sudrajat-Syaikhu dan TB Hasanuddin-Anton disebut masih mendapatkan perolehan suara yang sangat kecil.

Namun, jika mesin partai kedua pasangan ini, PKS-Gerindra dan PDIP sudah bergerak, diperkirakan elektabilitas keduanya bisa mencapai angka dua digit meski kecil kemungkinan bisa mengungguli kedua pasangan di atasnya.

"Karena total suara hanya 100%, maka penambahan angka kedua pasangan terbawah ini akan menggerogoti suara pasangan RK-Uu dan Deddy-Dedi," ujar Eko.

(Baca Juga: Ibu Karsiti, Perempuan Hebat yang Jadi Sosok Inspiratif Bagi Dedi Mulyadi)

Menurut Eko, hal tersebut adalah tantangan bagi RK-Uu dan Deddy-Dedi untuk menjaga suara mereka agar tidak digerogoti oleh dua pasangan dengan suara terkecil ini.

Survei Cyrus Network mengenai peta kekuatan politik di Pilgub Jabar dilaksanakan pada 16-22 Januari 2018. Survei mengambil sampel 1.000 responden dengan teknik pengambilan multistage random sampling. Adapun tingkat keyakinan dalam survei ini yakni 95% dengan margin of error 3,1%.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini