Kapal Pencari MH370 Hilang dari Pantauan Selama Tiga Hari

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 08 Februari 2018 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 07 18 1856340 kapal-pencari-mh370-hilang-dari-pantauan-selama-tiga-hari-H9EdyXWdV9.jpg Hilangnya Seabed Constructor menimbulkan banyak spekulasi. (Foto: AP)

KUALA LUMPUR - Kapal yang menjalani misi pencarian pesawat Malaysia AIrlines MH370 dilaporkan hilang dari radar pelacak selama tiga hari. Kejadian ini menimbulkan berbagai spekulasi setelah tidak adanya penjelasan yang diberikan mengenai hilangnya kapal tersebut. 

BACA JUGA: Pesawat MH370 Ditemukan, Perusahaan AS Bakal Dibayar Rp940 Miliar

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) OCean Infinity memulai pencarian pesawat Boeing 777 MH370 yang hilang sejak sejak Maret 2014 pada 22 Januari lalu.Setelah 10 hari pencarian, pada Kamis, pekan lalu kapal yang digunakan Ocean Infinity tiba-tiba mematikan Sistem Identifikasi Otomatis (AIS)nya dan menghilang dari layar pemantau.

Tidak ada alasan yang jelas terkait pemadaman AIS tersebut sehingga menimbulkan banyak teori konspirasi dan spekulasi mengenai kapal tersebut.

"Saya menemukan perkembangan ini cukup ganjil, dan mengkhawatirkan. Jika keheningan dan menghilangnya kapal itu disengaja, untuk menangkal kecurigaan, diperlukan penjelasan yang memuaskan ," kata KS Narendran, seorang kerabat dari penumpang MH370 yang hilang.

Ocean Infinity mengklarifikasi bahwa pemadaman AIS itu dilakukan karena mereka menemukan titik-titik yang menarik perhatian.

Perusahaan itu mengatakan, tidak ingin menimbulkan harapan palsu dengan tetap berada di daerah yang sama untuk waktu yang lama sehingga membuat para pemantau waspada.

"Seperti yang disorot dalam laporan mingguan ada beberapa titik yang diidentifikasi pekan lalu. Titik-titik ini ternyata tidak penting," kata Juru Bicara Ocean Infinity sebagaimana dilansir Independent, Kamis (8/2/2018).

"Ocean Infinity tidak ingin memberi kesan bahwa mereka telah menemukan puing MH370."

Tiga hari setelah lenyap dari radar, kapal Laut, kapal Seabed COntructor yang digunakan Ocean Infinity kembali muncul di luar wilayah pencarian dan dalam perjalanan menuju pemberhentian bahan bakar yang dijadwalkan di pelabuhan Fremantle, Australia.

BACA JUGA: Perusahaan AS Kerahkan Kapal Cari Bangkai Pesawat Malaysia Airlines MH370

Seabed Constructor memiliki waktu 90 hari untuk menemukan MH370, yang keberadaannya sampai saat ini masih menjadi misteri. Ocean Infinity hanya akan menerima pembayaran sebesar USD20 juta sampai USD70 juta, tergantung dari daerah yang dicari, jika mereka berhasil menemukan bangkai pesawat.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini