nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarik Ulur KPK & Kemendagri Atas Status Tersangka Zumi Zola

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 07 Februari 2018 12:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 07 338 1855952 tarik-ulur-kpk-kemendagri-atas-status-tersangka-zumi-zola-WGAiSgaAIb.jpg Zumi Zola bersama Mendagri (Foto: Harits/Okezone)

JAKARTA - KPK beberapa hari lalu telah resmi menetapkan Gubernur Jambi, Zumi Zola sebagai tersangka atas temuan gratifikasi yang dilakukan dalam pembahasan APBD Provinsi Jambi untuk tahun anggaran 2018. Sayangnya status tersangka tak membuat mantan artis sinetron tersebut berada di balik jeruji besi.

Zumi Zola hari ini tepergok menghadiri rapat kerja Gubernur seluruh Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri. Bahkan Zumi Zola juga sempat berbicara serius dengan Mendagri, Tjahjo Kumolo.

(Baca: Berstatus Tersangka, Zumi Zola Tepergok Hadiri Rakor Kepala Daerah Kemendagri)

Menanggapi hal tersebut, Tjahjo mengaku hal biasa jika Gubernur dan dirinya sebagai Mendagri berdiskusi. Mengenai status hukum tersangka, Tjahjo menilai belum adanya keputusan hukum tetap, sehingga tidak masalah dan masih dianggap aktif sebagai pejabat daerah.

“Ya kan selama dia masih gubernur dan Kemendagri kan biasa diskusi,” Ujar Tjahjo, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2018).

Menteri Dalam Negeri mengatakan adanya pemberhentian sementara terhadap Gubernur Zumi Zola bilamana sudah ada kekutan hukum yang tetap.

“Nggak (pemberhentian sementara). Sampai nanti bagaimana proses penyidikan dan berkekuatan hukum tetap,” ungkapnya. 

 Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan mengatakan, penetapan tersangka terhadap orang nomor satu di Provinsi Jambi merupakan hasil pengembangan penanganan perkara dugaan suap pengesahan RAPBD Jambi, Tahun 2018.

"KPK menetapkan dua tersangka yakni ZZ (Zumi Zola) Gubernur Jambi,‎ dan ARN (ARN) Kabid Bidag Bina Marga jambi. Selain itu, (Arfan) juga Kadis PUPR Jambi yang sebelumnya pernah ditetapkan tersangka," kata Basaria saat menggelar konferensi pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (2/2/2018).

(Baca: Zumi Zola Resmi Jadi Tersangka KPK)

Tidak hanya menetapkan Zumi Zola sebagai tersangka, KPK juga menjerat satu tersangka lainnya, yakni, Arfan selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PUPR Provinsi Jambi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini