John Wempi Tak Gentar Lawan Petahana di Pilgub Papua

Edy Siswanto, Okezone · Selasa 20 Februari 2018 20:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 20 340 1862300 pilgub-papua-john-wempi-tak-gentar-lawan-petahana-N1ZSsw7wtB.JPG Pilkada Papua John Wempi Watipo-Habel Melkias Suwae (Foto: Edy Siswanto)

JAYAPURA - Pasca-penetapan John Wempi Watipo - Habel Melkias Suwae (Josua) sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua 2018, keduanya mengaku siap melawan petahana Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Lukmen) yang diusung koalisi Papua Bangkit.

Kepada awak media di sekretariat tim koalisi Papua Cerdas, John Wempi Watipo pun menegaskan bahwa pihak petahana memilki banyak kekurangan.

"Kami berdua adalah mantan bupati di wilayah masing-masing belum pernah menjadi gubernur, kalau kami kampanye ya sudah ada buktinya. Sementara mereka mau kampanye nanti rakyat bilang kamu mau kampanye apa lagi, lima tahun lalu janji kampanye kamu tidak bikin baru sekarang kampanye apa lagi, kan begitu toh, rakyat sudah cerdas," kata John, Selasa (20/2/2018).

(Baca Juga: Megawati dan Prabowo Direncanakan Berduet di Pilgub Papua)

Nanti, lanjut John, saat debat kandidat rakyat akan lihat visi dan misi masing-masing Paslon. Dikatakan jika sebelah (Lukmen) dengan slogan Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahteranya maka akan makin nampak kekurangan incumbent ini.

"Yang Papua bangkit, Mandiri dan Sejahtera itu mana, rakyat mana yang sejahtera, Asmat begitu, lalu tempat lain juga masih ada yang kekurangan gizi dan lain sebagiannya, lalu mana capaian atas program mereka. Kalau kami akan kampanye yang lurus-lurus saja. Karena kami punya tawaran program Papua Cerdas kepada rakyat," ulasnya.

Sehingga, bukan karena mereka petahana lalu lebih hebat. Menurutnya, justru petahana yang janji kampanye lalu belum diwujudkan itu menjadi masalah buat mereka.

Ia juga menekankan pentingnya pemimpin yang selalu dekat dengan rakyat. Selain program maka hal tersebut dinilai penting.

"Kita harus dekat dengan rakyat. Saya juga berterima kasih atas peran media termasuk medsos (media sosial) yang telah memperkenalkan saya kepada rakyat. Kita akan buat lima klaster untuk pemerataan pembangunan di Papua," ucapnya.

Lima klaster tersebut terbagi dalam 5 wilayah adat di Papua, dan di dalamnya terdapat rumah pemberdayaan sebagai kepanjangan tangan pemerintah provinsi. 

"Lima klaster itu seperti kalau Tabi ada kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom Mamberamo Sarmi dan sekitarnya, sampai ke Meepago di Paniai dan sekitarnya. Ini upaya kita untuk lebih dekat dengan rakyat dan pemerataan pembangunan," katanya.

(Baca Juga: Pilkada Papua, John-Habel Target 80% Suara di Pegunungan Bintang)

Sementara Habel Melkias Suwae dalam kesempatan itu mengatakan, jika pilkada gubernur dan wakil gubernur saat ini menjadi ajang pertaruhan program kepada masyarakat.

"Jadi, sudah bukan saatnya lagi kita kampanye yang tidak baik. Kita harus memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Saling menjatuhkan, menghujat, mencari kesalahan orang lain, itu sama saja tidak dewasa dalam berpolitik," katanya.

Kata dia,sejarah Pilgub Papua tidak ada incumbent lanjut kedua periode. "Ya semoga rakyat bisa memilih kita, dan saya katakan tidak adalah sejarahnya gubernur di Papua lanjut dua periode. Semoga Tuhan menyertai kita untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pungkasnya.

Sesuai jadwal, esok adalah pencabutan nomor urut paslon di Kantor KPU Papua, yang selanjutnya pada 24 Februari akan dilakukan pembahasan kampanye dan tanggal 26 Februari akan dilakukan pemasaran visi misi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini