Share

Jamu Adik Kim Jong-un, Korsel Habiskan Rp3 Miliar

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 22 Februari 2018 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 22 18 1862985 jamu-adik-kim-jong-un-korsel-habiskan-rp3-miliar-kfUo8P0xAC.jpg Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, menyambut kedatangan adik bungsu Kim Jong-un, Kim Yo-jong, di Istana Kepresidenan (Foto: AFP)

SEOUL – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) diketahui menghabiskan dana sebesar 240 juta won (setara Rp3 miliar) untuk biaya perjalanan Kim Yo-jong, adik Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, beserta delegasi lainnya. Mereka diketahui berada di Negeri Ginseng selama tiga hari untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.

Uang tersebut sebagian besar digunakan untuk akomodasi, transportasi, dan makanan bagi empat orang anggota delegasi berikut 18 stafnya. Fakta itu diungkapkan oleh seorang pejabat Kementerian Unifikasi Korea Selatan yang namanya dirahasiakan.

Melansir dari Reuters, Kamis (22/2/2018), Kim Yo-jong dan para pejabat tinggi Korea Utara lainnya menginap di Walkerhill Hotel, sebelah timur Seoul.

BACA JUGA: Korsel Tanggung Biaya Keperluan Kontingen Korut Selama Olimpiade Pyeongchang

Kim Yo-jong dan delegasinya selama tiga hari berturut-turut rutin mondar-mandir dari Seoul ke sejumlah venue pertandingan Olimpiade Musim Dingin 2018 yang berada di Pyeongchang. Selain itu, para pejabat Korea Selatan juga menjamu mereka dengan makanan kelas dunia di beberapa hotel bintang lima.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan menggelontorkan dana sekira 130 juta won (setara Rp1,6 miliar) untuk akomodasi dan 50 juta won (setara Rp630 juta) masing-masing untuk makanan dan transportasi. Sebagai perbandingan, Komite Olimpiade Internasional (IOC) hanya menghabiskan uang sekira USD50 ribu (setara Rp683 juta) untuk latihan dan persiapan sekira 22 atlet asal Korea Utara.

BACA JUGA: Moon Sambut Adik Kim Jong-un di Istana Kepresidenan Korsel 

Sebelumnya, pemerintah Korea Selatan mengatakan siap menanggung seluruh biaya akomodasi bagi kontingen Korea Utara. Kementerian Unifikasi Korea Selatan menganggarkan dana sekira 2,86 miliar won (setara Rp36,1 miliar) bagi keperluan 418 orang delegasi Korea Utara, termasuk para pemandu sorak serta anggota kontingen lainnya.

Sebagaimana diketahui, 418 orang pendukung serta penampil dari Korea Utara datang ke Korea Selatan, khususnya Pyeongchang, untuk Olimpiade Musim Dingin 2018. Mereka datang atas undangan dari Korea Selatan dengan harapan dapat mencairkan ketegangan di Semenanjung Korea.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini