Didakwa Pasal Pembunuhan, Majikan TKI Adelina Terancam Hukuman Mati

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 22 Februari 2018 09:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 22 18 1862993 didakwa-pasal-pembunuhan-majikan-tki-adelina-terancam-hukuman-mati-s6hsL0jgc3.jpeg Jayavartiny (menutup muka) dan Ambika dijatuhi dakwaan oleh pengadilan (Foto: New Straits Times)

BUKIT MERTAJAM – Majikan tenaga kerja Indonesia (TKI) bernama Adelina Jemira Sau, M.A.S Ambika, dijatuhi dakwaan pembunuhan oleh pengadilan di Bukit Mertajam, Malaysia. Perempuan berusia 59 tahun itu terancam hukuman mati sesuai dengan Pasal 302 KUHP Malaysia.

BACA JUGA: Ibu dan Anaknya Akan Dituntut Atas Kematian TKI Adelina

Ambika menganggukkan kepalanya tanda mengerti dakwaan yang dijatuhkan pihak pengadilan. Namun, belum ada pembelaan dari terdakwa atas putusan tersebut. Sementara itu, putrinya yang bernama R. Jayavartiny, didakwa melanggar pasal 55B Pakta Imigrasi 1959/63 karena mempekerjakan tenaga kerja asing ilegal.

Sama seperti ibunya, perempuan berusia 32 tahun itu mengangguk tanda mengerti dakwaan dari pengadilan. Akan tetapi, dia tetap tidak mengakui perbuatannya. Jayavartiny terancam hukuman denda antara 10-50 ribu ringgit (setara Rp35-175 juta) atau maksimal 12 bulan penjara jika terbukti bersalah.

BACA JUGA: 19 Orang Dimintai Keterangan Atas Kematian TKI Adelina

Putra Ambika yang berusia 39 tahun, sebelumnya juga sempat ditahan dan dituduh melakukan penyiksaan yang berujung dengan kematian Adelina. Akan tetapi, pria itu dibebaskan oleh polisi dan akan hadir dalam persidangan sebagai saksi.

“Hentikan. Cukup. Anda semua tidak tahu kebenarannya. Anda semua tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi,” ujar Ambika saat meninggalkan pengadilan di bawah pengawalan ketat polisi, mengutip dari New Straits Times, Kamis (22/2/2018).

Sebagaimana diberitakan, Adelina ditemukan dalam keadaan mengenaskan pada Jumat 9 Februari. Korban menderita luka memar di kepala dan wajah, luka terbuka di tangan, serta kedua kakinya, yang diduga akibat penyiksaan sang majikan.

BACA JUGA: Disiksa dan Disuruh Tidur Bersama Anjing Selama Satu Bulan, TKI di Malaysia Meninggal Dunia

BACA JUGA: Dubes Indonesia di Malaysia: Majikan TKI Adelina Itu Iblis

Kasus tersebut terungkap setelah seorang ajudan anggota parlemen Bukit Mertajam melihat korban tidur di beranda. Berdasarkan keterangan tetangga, korban yang diketahui bernama Adelina itu sudah tidur di beranda selama lebih dari satu bulan bersama anjing majikannya. Adelina meninggal dunia pada Sabtu 10 Februari setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Seberang Jaya.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini