Posting Ujaran Kebencian Berbau SARA di Facebook, Warga Pekanbaru Ditangkap Polisi

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Kamis 22 Februari 2018 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 22 340 1863296 posting-ujaran-kebencian-berbau-sara-di-facebook-warga-pekanbaru-ditangkap-polisi-jVelVdWrYp.jpg Ilustrasi Penangkapan (foto: Shutterstock)

PEKANBARU - Tim Mabes Polri dan Polda Riau mengamankan seorang warga Pekanbaru berinisial SY. Pria berusia 49 tahun diamankan karena memposting ujaran kebencian di media sosial Facebook.

SY diamankan polisi di rumahnya di Jalan Ikhlas, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru. Dari tanggannya, diamankan barang bukti 5 unit handphone yang dipakai untuk memposting dan men-share ujaran kebencian salah satu etnis.

"Tersangka sudah memposting dan mengshare ujaran kebencian berbau SARA itu sejak tahun 2017," ucap Kabid Humas Polda Riau, Kombes Guntur Aryo Tejo Kamis (22/2/2018).

(Baca Juga: Hina Iriana Jokowi di Medsos, Pira Ini Kembali Dilaporkan ke Polisi)

Dia menjelaskan modus yang dilakukan SY adalah membuat ujaran kebencian terhadap etnis dan menyatakan bahwa pemerintah saat ini mendeskreditkan salah satu agama. Kemudian dia mempostingnya dan menyebarkan semua temannya di Facebook melalui akunnya.

Selain membuat sendiri, SY juga selalu mengunggah berita-berita yang berbau SARA dari jejaring sosial dan menyebarkannya. Untuk sementara, sebut Guntur, pelaku bermain tunggal.

Apakah dalam perkembangannya akan ada tersangka baru sedang didalami polisi. Guntur mengatakan bahwa Mabes Polri sudah melimpahkan perkaya SY ke Polda Riau. Selanjutnya kasusnya akan ditangani oleh unit Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau.

"Pelaku ini mengaku melakukan itu ungkapan kebencian sebagai bentuk kekesalan hati kepada pemerintah yang memperlakukan ketidakadilan kepada salah satu agama. Tersangka akan dikenakan undang undang ITE ," imbuhnya.

(Baca Juga: Hina Jokowi dan Buya Maarif di Medsos, Pria Ini Ditangkap Polisi)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini