Bertemu Delegasi Korsel, Kim Jong-un Ungkap Niat Tulis Sejarah Baru Reunifikasi

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 06 Maret 2018 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 06 18 1868489 bertemu-delegasi-korsel-kim-jong-un-ungkap-niat-tulis-sejarah-baru-reunifikasi-dP2iTTISaa.jpg Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un bertemu dengan Kepala Delegasi Korea Selatan, Chung Eui-yong di Pyongyang, 6 Maret 2018. (Foto: Reuters/Yonhap)

SEOUL - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un mengungkapkan keinginan kuatnya untuk sekuat tenaga memperbaiki hubungan Korea Utara (Korut) dengan tetangganya, Korea Selatan (Korsel) dan mewujudkan terjadinya reunifikasi. Hal itu disampaikan Kim Jong-un dalam pembicaraan dengan delegasi Korsel di Ibu Kota Korut, Pyongyang pada Selasa.

BACA JUGA: Pertama Kalinya, Kim Jong-un Temui Pejabat Korea Selatan

Pada Senin, 5 Maret, Korsel mengirimkan delegasi beranggotakan 10 orang yang dipimpin oleh Kepala Kantor Keamanan Nasional, Chung Eui-yong ke Pyongyang untuk membujuk Korut melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat (AS). Washington dan Pyongyang terus berseteru dalam beberapa tahun terakhir terkait program rudal dan nuklir Korut.

Delegasi tersebut ditemui secara langsung oleh Kim Jong-un, adiknya, Kim Yo-jong, istri Jong-un dan beberapa pejabat lainnya.

"Mendengar niat Presiden Moon Jae-in untuk pertemuan puncak dari utusan khusus di sisi selatan, Kim Jong Un bertukar pandangan dan membuat kesepakatan yang memuaskan," demikian dilaporkan kantor berita Korut, KCNA sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (6/3/2018).

Tidak disebutkan perjanjian apa yang disepakati kedua belah pihak, namun pejabat istana kepresidenan Korsel, Gedung Biru mengatakan hal itu terkait tawaran pertemuan puncak yang diberikan oleh Korut.

Selain kesepakatan itu, Kim Jong-un juga dilaporkan menegaskan "keinginan kuatnya untuk memajukan hubungan antara Korea Utara dan Selatan dan menulis sejarah reunifikasi nasional". Dia juga memerintahkan pejabat berwenang untuk mengambil langkah yang dibutuhkan untuk mempercepat perundingan.

Delegasi Korsel dijadwalkan akan melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan pihak Korut hari ini sebelum kembali ke Seoul. Delegasi tersebut juga akan mengunjungi AS untuk menginformasikan hasil lawatan mereka ke Pyongyang.

BACA JUGA: Jamu Adik Kim Jong-un, Korsel Habiskan Rp3 Miliar

"Ada hasil. Hasilnya tidak mengecewakan. kami yakin detailnya akan diumumkan setelah para utusan kembali ke Selatan," kata seorang pejabat kepresidenan Korsel.   

Ketegangan antara dua Korea mereda setelah gelaran Olimpiade Musim Dingin di Korsel baru-baru ini. Setelah jamuan yang diberikan Presiden Korsel, Moon Jae-in untuk delegasi Korut, Jong-un mengundang Moon ke Korut untuk hadir dalam pertemuan puncak dua Korea.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini