Korsel-Korut Gelar KTT Antar-Korea Ketiga Akhir April Mendatang

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Selasa 06 Maret 2018 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 06 18 1868773 korsel-korut-gelar-ktt-antar-korea-ketiga-akhir-april-mendatang-sVtYtRU7Gp.JPG Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, berfoto bersama delegasi Korea Selatan (Foto: Reuters)

SEOUL – Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) sepakat untuk menggelar pertemuan tingkat tinggi (KTT) pada akhir April mendatang. KTT Antar-Korea ketiga sepanjang sejarah itu akan dilangsungkan di Desa Panmunjom, yang dijaga ketat pasukan perbatasan kedua negara.

Kepala Keamanan Nasional Korea Selatan, Chung Eui-yong, mengonfirmasi diadakannya pertemuan tersebut. Ia mengatakan, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un akan saling bersua dalam KTT tersebut.

“Korsel dan Korut telah sepakat untuk membentuk hotline antara pemimpin kedua negara guna konsultasi yang lebih dekat serta mengurangi tensi militer, dan menyepakati percakapan telefon pertama sebelum KTT Korsel-Korut ketiga,” ujar Chung, melansir dari Yonhap, Selasa (6/3/2018).

BACA JUGA: Bertemu Delegasi Korsel, Kim Jong-un Ungkap Niat Tulis Sejarah Baru Reunifikasi 

Pengumuman terkait KTT Korsel-Korut tersebut tidak diprediksi sebelumnya. Kabar mengejutkan lainnya yang disampaikan oleh Chung adalah, Korea Utara menyatakan komitmennya untuk melucuti senjata nuklir.

“Pihak Korea Utara dengan jelas menekankan komitmen untuk denuklirisasi Semenanjung Korea dan mengatakan tidak punya alasan untuk memiliki senjata nuklir apabila keamanan rezimnya terjamin serta ancaman militer terhadap Korea Utara dicabut,” imbuh Chung Eui-yong.

Korea Utara juga disebut menyatakan keinginan untuk berbincang secara informal dengan Amerika Serikat (AS) untuk denuklirisasi serta normalisasi hubungan bilateral kedua negara. Chung mengatakan, Pyongyang memastikan tidak ada provokasi militer, termasuk uji nuklir dan peluncuran rudal balistik, selama pembicaraan antara Korut dengan AS berlangsung.

“Sebagai tambahan, Korea Utara berjanji tidak akan menggunakan senjata nuklir tetapi juga senjata konvensional lainnya terhadap Korea Selatan,” tutup Chung Eui-yong.

BACA JUGA: Pertama Kalinya, Kim Jong-un Temui Pejabat Korea Selatan

Chung Eui-yong beserta sembilan orang delegasi Korea Selatan lainnya bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang, Selasa (6/3/2018) pagi waktu setempat. Dalam pertemuan tersebut, putra dari Kim Jong-il itu menyatakan siap mewujudkan reunifikasi kedua Korea.

KTT Antar-Korea pertama kali digelar pada 13-15 Juni 2000 di Pyongyang, Korea Utara, antara Presiden Kim Dae-jung dengan Kim Jong-il. Sementara KTT Antar-Korea kedua dilangsungkan juga di Pyongyang antara Presiden Roh Moo-hyun dengan Kim Jong-il pada 2-4 Oktober 2007.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini