nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump Berhentikan Menlu AS Rex Tillerson

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 20:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 13 18 1872291 trump-berhentikan-menlu-as-rex-tillerson-omFSzrCB8R.jpg Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, memberhentikan Menteri Luar Negeri, Rex Tillerson. Posisi sebagai diplomat tertinggi Negeri Paman Sam itu akan diisi oleh Direktur Badan Intelijen (CIA), Mike Pompeo.

"Mike Pompeo, Direktur CIA, akan menjadi Menteri Luar Negeri kita yanf baru. Dia akan bertugas dengan fantastis," cuit Donald Trump lewat akun Twitter, Selasa (13/3/2018).

Sementara itu, posisi Pompeo sebagai Direktur CIA akan digantikan oleh Gina Haspel. Ia akan menjadi perempuan pertama yang memimpin serta terpilih sebagai pejabat tertinggi badan intelijen tersebut.

"Selamat untuk semuanya," kicau Trump seraya memberikan selamat.

Melansir dari Time, kabar digantinya Tillerson sudah beredar sejak pekan lalu. Presiden Donald Trump disebut telah meminta mantan petinggi perusahaan energi itu untuk mengundurkan diri secara terhormat pada Jumat 10 Maret.

Presiden ke-45 AS itu ingin agar Pompeo segera menjabat sebagai Menteri Luar Negeri sebelum perundingan dengan Korea Utara digelar. Sebagaimana diberitakan, Trump siap bertemu Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un pada akhir Mei mendatang.

Rumor pemberhentian Tillerson sudah merebak sejak beberapa waktu lalu. Trump dikabarkan tidak puas dengan kinerja pria berambut putih itu, utamanya dalam menangani isu Korea Utara. Keduanya juga sempat bersilang pendapat hebat dan pada satu titik Tillerson sempat mengatakan Presiden Trump adalah orang yang bodoh.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini