Share

Julius Maada Bio Dilantik sebagai Presiden Sierra Leone

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 05 April 2018 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 05 18 1882354 julius-maada-bio-dilantik-sebagai-presiden-sierra-leone-MjS8dGoo1Z.JPG Julius Maada Bio mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden Sierra Leone (Foto: Olivia Acland/Reuters)

FREETOWN - Mantan pemimpin junta militer, Julius Maada Bio, dilantik sebagai Presiden Sierra Leone. Kandidat oposisi itu diambil sumpahnya pada Rabu 4 April larut malam waktu setempat, tidak lama setelah komisi pemilihan mengumumkan kemenangannya.

Hasil penghitungan dari Komisi Pemilihan Nasional menunjukkan Julius Maada Bio, yang maju lewat Partai Rakyat Sierra Leone (SLPP), berhasil meraup 51,8% suara dalam pemilihan umum 31 Maret lalu. Ia mengungguli mantan menteri luar negeri sekaligus kandidat dari Partai Semua Rakyat (APC), Samura Kamara, yang hanya meraih 48,19% meski sempat unggul.

“Ini adalah awal dari era yang baru. Rakyat dari negara yang hebat ini telah memberikan suaranya untuk arah yang baru. Kita hanya memiliki satu negara, Sierra Leone, dan kita adalah satu,” ujar Julius Maada Bio dalam pidato kemenangannya, mengutip dari Reuters, Kamis (5/4/2018).

Pria berusia 53 tahun itu dilantik tepat pada tengah malam waktu setempat di sebuah hotel di Ibu Kota Freetown. Mengenakan pakaian tradisional serba putih, Julius Maada Bio mengucapkan sumpah jabatan sambil memegang Injil.

Pemimpin junta militer pada 1996 itu menggantikan Presiden Ernest Bai Koroma yang tidak bisa mencalonkan kembali karena telah menjalani dua periode. Proses pemungutan suara berlangsung cukup kondusif memberi kelegaan tersendiri mengingat Sierra Leone pernah menyaksikan perang saudara pada dekade 1990 yang sungguh brutal terkait jual-beli berlian.

Para pendukung Julius Maada Bio dan Partai SLPP memenuhi Kantor Pusat NEC jelang pengumuman hasil pemungutan suara. Manajer Tim Kampanye Partai SLPP, Ali Kabba, meminta agar semua pendukung Julius Maada Bio untuk tetap tenang.

“Rayakan dengan tanggung jawab. Jangan ganggu tetangga Anda. Kemenangan untuk semua, bukan hanya sebagian rakyat. Semua menang, semua kalah,” ujar Ali Kabba.

Salah satu pendukung Maada Bio, Adolfus Kargbo, mengaku senang dengan hasil pemilihan umum. Bersama dengan para pendukung lainnya, ia menyanyikan serta mengelu-elukan nama Julius Maada Bio.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini