Korsel-Korut Akan Umumkan Berakhirnya Perang di KTT Antar-Korea

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 16:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 18 1887762 korsel-korut-akan-umumkan-berakhirnya-perang-di-ktt-antar-korea-DRlUS4fJyv.jpg Zona Demiliterisasi Korea (Foto: Ed Jones/AFP)

SEOUL – Harian Korea Selatan (Korsel), Munhwa Ilbo melaporkan, Seoul dan Pyongyang saat ini tengah membahas rencana pengumuman resmi berakhirnya konflik militer antara kedua negara. Laporan tersebut dibuat dengan mengutip dari seorang pejabat Korsel yang namanya dirahasiakan.

Sebagaimana diketahui, Korea Utara dan Korea Selatan secara resmi masih dalam status perang. Sebab, Perang Korea pada 1950-1953 hanya diakhiri dengan perjanjian gencatan senjata, alih-alih kesepakatan damai formal, yang berlaku hingga detik ini.

Melansir dari Time, Selasa (17/4/2018), Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un diprediksi merilis pernyataan bersama yang menyatakan akan mengurangi tensi militer serta mengakhiri konfrontasi secara langsung.

BACA JUGA: Korsel-Korut Gelar KTT Antar-Korea Ketiga Akhir April Mendatang

Presiden Moon Jae-in dan Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un dijadwalkan bertemu pada 27 April di Desa Panmunjom dalam rangka KTT Antar-Korea ketiga sepanjang sejarah. Jika sukses, maka pertemuan tersebut dapat memuluskan jalan untuk dialog antara Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Mei atau awal Juni mendatang.

Zona Demiliterisasi Korea, Zona yang Memisahkan Kedua Korea

(Zona Demiliterisasi Korea. Foto: Reuters)

Menurut Munhwa Ilbo, salah satu cara menyelesaikan konflik tersebut adalah dengan mengembalikan zona demiliterisasi (DMZ) yang dijaga dengan ketat, ke peruntukan awalnya. Sebagai informasi, ratusan ribu tentara baik dari Korea Utara maupun Korea Selatan, sama-sama berjaga di posnya masing-masing di DMZ.

BACA JUGA: Korut dan Korsel Sepakat KTT Antar-Korea Akan Digelar pada 27 April 

Tensi antara Korea Utara dengan Korea Selatan sedikit mereda sejak Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang. Kedua Korea lantas memanfaatkan momentum yang dihasilkan ajang olahraga tersebut untuk berdialog hingga akhirnya sepakat menggelar KTT Antar-Korea ketiga.

KTT Antar-Korea pertama kali digelar pada 13-15 Juni 2000 di Pyongyang, Korea Utara, antara Presiden Kim Dae-jung dengan Kim Jong-il. Sementara KTT Antar-Korea kedua juga dilangsungkan di Pyongyang antara Presiden Roh Moo-hyun dengan Kim Jong-il pada 2-4 Oktober 2007.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini