6 Tokoh Indonesia yang Mendunia, Nomor 4 Jadi Muslim Berpengaruh Dunia

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 08:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 337 1887545 6-tokoh-indonesia-yang-mendunia-nomor-4-jadi-muslim-berpengaruh-dunia-JMuIgXsB22.jpg Presiden Jokowi (Foto: Antara)

JAKARTA – Banyak tokoh besar yang dilahirkan bumi pertiwi. Tokoh-tokoh itu memiliki jasa dalam kehidupan bernegara.

Tak hanya itu, ada pula tokoh-tokoh Indonesia yang mendapat tempat di kancah internasional. Hal itu ditandai dengan masuknya tokoh-tokoh Indonesia dalam daftar orang-orang yang memiliki pengaruh di dunia.

Dari sekian banyak tokoh, Okezone menghimpun enam anak bangsa yang berpengaruh di dunia.

 

1. Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masuk dalam 100 tokoh dunia yang paling berpengaruh versi majalah TIME edisi Mei 2009. SBY masuk dalam kategori Leader and Revolutionaries atas kepemimpinannya menjalankan pemerintahan saat menjadi presiden. Saat itu, nama SBY bersanding dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown dalam versi majalah Time.

2. Sri Mulyani

Sri Mulyani Indrawati dikenal sebagai sosok berprestasi. Hal itu dapat dilihat dari sejumlah penghargaan yang telah diraihnya.

(Foto: Okezone)

Pada 2018, Sri Mulyani dinobatkan menjadi menteri terbaik di dunia pada World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab. Teranyar, Sri Mulyani juga dinobatkan sebagai menteri keuangan terbaik di Asia Pasifik pada 2018 versi Finance Asia. Sebelumnya pada 2017 Sri Mulyani juga mendapat penghargaan serupa.

3. Sukarno

Presiden pertama yang dikenal sebagai Bapak Proklamator Indonesia ini memiliki prestasinya tidak bisa dipungkiri. Hal ini dikarenakan Sukarno yang merupakan sebagai pendiri NKRI di mana ia berjuang melawan penjajah Belanda dan Jepang sehingga membuat Indonesia menjadi merdeka.

Selain itu, Sukarno juga dikenal sebagai sosok yang disegani dunia. Ia menjadi salah satu dari pendiri gerakan non blok di tengah ketegangan antara Blok Barat yang dipimpin AS dan Blok Timur yang dipimpin Uni Soviet.

4. Joko Widodo

The Royal Islamic Strategic Studies Centre merilis daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia pada 2018. Dalam daftar tersebut, Presiden Joko Widodo berada di urutan 16 sebagai muslim yang berpengaruh di dunia lantaran kerap memperjuangkan berbagai kepentingan umat Islam.

(Baca Juga: Jokowi Urutan 16 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia)

Ini kali kedua Jokowi dinobatkan sebagai sosok muslim yang berpengaruh di dunia dalam The Muslim 500. Pada 2017, Jokowi menempati urutan 13.

 

(Foto: Antara)

5. BJ Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie dianggap menjadi tokoh Indonesia mempunyai pengaruh di dunia, khususnya dalam dunia penerbangan. Dalam dunia penerbangan itu, Habibie memiliki sekira 46 hak paten di bidang aeronautika.

Selain itu, sederet penghargaan pernah diraih presiden ketiga RI tersebut. Penghargaan itu di antaranya Von Karman Award pada 1992, setelah hak patennya digunakan oleh perusahaan-perusahaan pembuat pesawat terbang serta Edward Warner Award yang merupakan penghargaan dalam bidang penerbangan bagi orang-orang pemberi kontribusi pada kemajuan penerbangan sipil.

6. Sinta Nuriyah

Istri dari Presiden keempat Indonesia yakni alm KH Abdurrahman Wahid tersebut masuk di dalam daftar ke 11 perempuan yang berpengaruh di dunia versi New York Times tahun. Sinta Nuriyah dinilai memiliki sikap konsisten dalam menyerukan Islam toleransi. Ia juga dinilai sebagai feminis yang aktif menyebarkan toleransi. (erh)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini