nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Beri Selamat Pada Mahathir Mohamad Atas Pelantikannya Sebagai PM Malaysia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 11:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 11 18 1896979 presiden-jokowi-beri-selamat-pada-mahathir-mohamad-atas-pelantikannya-sebagai-pm-malaysia-sAi2QSn5Cz.jpg Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia menyampaikan ucapan selamat kepada Perdana Menteri Ketujuh Malaysia, Dr. Mahathir Mohamad yang dilantik pada Kamis, 10 Mei. Mahathir menggantikan Najib Razak sebagai perdana menteri baru Malaysia setelah memimpin koalisi oposisi Pakatan Harapan memenangi pemilihan umum Malaysia sekaligus mematahkan dominasi koalisi Barisan Nasional yang telah berkuasa selama enam dekade.

Ucapan selamat kepada Dr. Mahathir disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui percakapan telefon pada Kamis malam. Pemerintah Indonesia juga menyatakan keyakinan bahwa hubungan dua negara bertetangga akan semakin erat di bawah kepemimpinan pria berusia 92 tahun itu.

BACA JUGA: Mahathir Mohammad Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia

“Pemerintah Indonesia memberi selamat kepada Dr. Tun Mahathir Mohammad, atas pelantikannya sebagai Perdana Menteri Malaysia yang ke-7. Presiden Indonesia telah menyampaikan ucapan selamatnya kepada Perdana Menteri Mahathir dalam percakapan telepon malam ini (10/5),” demikian disampaikan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melalui Twitternya pada Kamis malam, 10 Mei.

“Indonesia yakin bahwa di bawah kepemimpinan Dr. Tun Mahathir Mohammad, hubungan kedua negara kita akan semakin kuat.”

BACA JUGA: Empat Keunikan Pemilihan Umum Malaysia

Mahathir Mohamad sebelumnya telah menjabat sebagai perdana menteri Malaysia selama 22 tahun sebelum memutuskan mundur pada 2003. Namun, pada 2016 dia kembali ke dunia politik sebagai oposisi untuk menggulingkan mantan orang kepercayaannya, Najib Razak yang dinilai telah melakukan praktek korupsi selama memerintah.

Koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin Mahathir berhasil mendapatkan 121 kursi dari 222 kursi Parlemen Malaysia untuk mencapai status mayoritas sederhana. Dia sebagai perdana menteri ketujuh dilantik oleh raja Malaysia, Sultan Muhammad V di Istana Negara di Kuala Lumpur pada Kamis malam pukul 21.30 waktu setempat.

Mahathir Mohammad Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini