nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jabat KSAL, Laksamana Siwi Akan Lanjutkan Program Ade Supandi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 15:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 23 337 1901761 jabat-ksal-laksamana-siwi-akan-lanjutkan-program-ade-supandi-6SXuGnWBbN.jpg Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji (kedua kiri) salam komando dengan pejabat lama Laksamana TNI Ade Supandi usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/5/2018). (Foto: Antara)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Laksamana Madya (Laksdya) Siwi Sukma Adji sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL). Dia pun resmi menyandang pangkat bintang empat di pundaknya dan menjadi orang nomor satu di matra laut.

KSAL Siwi Sukma memastikan bakal melanjutkan semua program kerja yang telah disusun pendahulunya, Laksamana Ade Supandi, yang pensiun awal Juni mendatang.

"Saya kira harapannya semua program kan sudah diatur, tinggal kita melanjutkan program yang sudah ada," kata Siwi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Siwi mengaku tak punya persiapan khusus saat pelantikan tersebut. Sebab, pelantikan ini telah disusun secara matang oleh pihak Istana Kepresidenan.

"Saya kira persiapannya biasalah. Biasa saja untuk acara persiapan, pelantikan, sudah disiapkan panitia," ujar dia.

(Siwi Sukma Adji saat dilantik jadi KSAL di Istana Negara. Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Siwi menlanjutkan, penunjukan dirinya sebagai KSAL yang baru telah berlangsung sesuai prosedur di TNI. "Saya kira mekanismenya (penunjukan) dari Mabes TNI ke Presiden," tandasnya.

Sekadar diketahui, Laksamana Siwi Sukma telah memiliki pengalaman panjang di TNI AL. Dia merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut angkatan ke-30 yang lulus pada 1985.

(Baca Juga : Rekam Jejak Laksdya Siwi Sukma Adji, Pengganti KSAL Laksamana Ade Supandi)

Siwi sempat menjabat sebagai perwira bahari di KRI OWA-354 di awal kariernya. Posisi komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Pontianak juga pernah diembannya selama bertugas di matra laut.

(Baca Juga : Jokowi Resmi Lantik Siwi Sukma Adji sebagai KSAL)

Pada Juli 2016, dia menduduki posisi Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangkoarmabar) di institusi dengan slogan Jales Veva Jaya Mahe itu. Lalu, Laksamana Siwi Sukma juga pernah menjadi asisten perencanaan umum (asrenum) Panglima TNI sebelum akhirnya menjabat Danjen Akademi TNI.

(erh)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini