nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belajar dari Medsos Mahasiswa Bandung Bercocok Tanam Ganja

CDB Yudistira, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 00:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 05 525 1918525 belajar-dari-medsos-mahasiswa-bandung-bercocok-tanam-ganja-pDkVgD5Huj.jpg YCR saat diamankan polisi (foto: CDB/Okezone)

BANDUNG - YCR (21) seorang mahasiswa di Kota Bandung, terpaksa harus mendekam di Polrestabes Bandung, setelah dirinya kedapatan bercocok tanam ganja di kamar kostnya.

Dari bibit ganja yang ia beli dari seorang bandar, pelaku berhasil menumbuhkan ganja yang di tanam dalam lemari pakaian yang sudah di modifikasi.

"Tanaman ganja ini, ia tumbuhkan dengan alasannya hanya mencoba iseng-iseng saja," ujar Kasat Narkoba Polrestabes Bandung AKBP Irfan Nurmansyah, saat ungkap kasus di Satresnarkoba Polrestabes Bandung, Jalan Sukajadi, Kamis (5/6/2018).

Irfan mengatakan, penangkapan terhadap pelaku ini, berawal saat polisi penyelidikan terkait peredaran ganja di Kota Bandung. Polisi pun berhasil mengamankan pelaku YCR dengan barang bukti dua bungkus ganja seberat 70 gram.

Dari situ, polisi pun lakukan pengembangan ke kamar kost pelaku yang beralamat di Jalan Surya Sumantri dan di dapati satu tanaman ganja. Ganja tersebut, di tanam di dalam lemari yang berisi pot tanaman, lampu dan kipas angin.

 Mahasiswa

"Dia tanam empat bibit ganja, semua mati, hanya satu yang tumbuh. Yang tumbuh ini, tingginya sekitar satu meter," ungkap Irfan.

Sementara saat di mintai keterangan, pelaku mengaku menanam ganja ini, hanya untuk coba-coba. Dirinya mengaku sudah sejak 2016 lalu, mengkonsumsi ganja.

"Cara menumbuhkan ganjanya, belajar dari youtube. Bukan untuk di edarkan lagi cuma buat konsumsi sendiri," jelasnya.

Polisi terapkan Pasal 111 Ayat (1) JO Pasal 127 Ayat (1) huruf a UURI Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman pidana paling singkat empat tahun dan paling lama 12 tahun penjara.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini