nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dicurigai Selundupkan Sapi, Pria Muslim di India Dipukuli Sampai Tewas

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 22 Juli 2018 18:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 22 18 1925770 dicurigai-selundupkan-sapi-pria-muslim-di-india-dipukuli-sampai-tewas-9h7TkEdE2N.jpeg Foto: AFP.

MUMBAI – Seorang pria Muslim dibunuh beberapa orang saat dia mengantarkan dua ekor sapi di India. Insiden ini terjadi hanya berselang 15 bulan setelah serangan serupa yang diduga menunjukkan meningkatnya pengaruh kelompok ekstremis pro-Hindu.

Banyak umat Hindu menganggap sapi sebagai hewan suci, tetapi minoritas Muslim India terlibat dalam perdagangan ternak untuk disembelih dan konsumsi, terutama daging kerbau, serta diperah susunya.

Polisi di Negara Bagian Rajasthan di barat laut India mengatakan, kelompok beranggotakan lima sampai tujuh orang mengepung pria Muslim, yang diidentifikasi hanya sebagai Akbar, saat ia menggiring sapi-sapi itu ke desanya di Negara Bagian Haryana. Mereka kemudian memukuli Akbar sampai mati karena dicurigai melakukan penyelundupan sapi.

" Kami sedang menyelidiki insiden itu dan akan segera melakukan penangkapan, "kata Shyam Singh, seorang pejabat polisi di distrik Alwar, kepada Reuters, Minggu (22/7/2018).

Insiden itu terjadi sesaat lewat tengah malam setelah dipicu oleh kecurigaan beberapa warga desa di dekatnya bahwa pria 28 tahun itu menyelundupkan sapi, kata Singh. Akbar adalah anggota dari komunitas pertanian di Haryana.

Pembunuhan karena sapi oleh kelompok-kelompok pro-Hindu telah melonjak di India sejak Partai Nasional Hindu Bharatiya Janata pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi berkuasa pada 2014, meskipun sebagian besar dari 29 negara bagian itu telah melarang penjagalan sapi untuk dikonsumsi dagingnya.

Polisi mengatakan mereka membawa korban yang luka parah ke rumah sakit terdekat, tetapi dia dinyatakan meninggal.

"Di perjalanan, korban mengidentifikasi dirinya sebagai Akbar dan mengatakan dia ditemani oleh teman lain, yang berhasil melarikan diri," kata petugas polisi distrik lainnya, Anil Kumar Beniwal.

Beniwal mengatakan polisi telah mengidentifikasi empat atau lima tersangka dan diperkirakan akan segera melakukan penangkapan.

"Tindakan yang paling keras yang memungkinan akan diambil terhadap para pelaku," kata Menteri Utama Rajashtan, Vasundhara Raje. Di distrik yang sama pada April 2017, Pehlu Khan, seorang petani ternak, dihakimi massa ketika dia pulang dari pasar dengan dua sapi dan dua anak sapi di belakang truknya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini