nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabut Asap Mulai Selimuti Merangin Jambi, Warga Keluhkan Mata Perih

Abimayu, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 16:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 24 340 1926676 kabut-asap-mulai-selimuti-merangin-jambi-warga-keluhkan-mata-perih-A8HIu1NffN.jpg Kabut Asap mulai selimuti Merangin Jambi (Foto: Ist)

MERANGIN - Beberapa pekan terakhir ini warga di Kabupaten Merangin, Jambi mulai mengeluhkan keberadaan asap hasil dari pembakaran lahan yang dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

Pantauan Okezone, asap tebal mulai terlihat di pagi dan sore hari, sementara pada siang hari asap terlihat menipis namun sinar matahari terlihat menguning. Bahkan dampak asap ini mulai dikeluhkan warga di mana mereka mulai mengeluhkan mata perih saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor.

Hal ini seperti dikatakan Yanzen warga kota Bangko, menurutnya keadaan ini sudah berlangsung beberapa hari ini. "Ya saya merasakannya sudah beberapa hari. Kalau kabut biasa ini tidak mungkin sebab kalau kabut tidak menyebabkan mata perih, tapi ini menyebabkan mata saya perih sekali dan hal ini sangat terlihat pada siang dan sore hari," kata Yanzen.

 Foto: Koramil Tabir

Asap yang terus menebal hasil pembakaran lahan ini diduga asap kiriman dari kabupaten dan provinsi tetangga, karena di kabupaten Merangin sendiri belum terpantau titik api. Hal ini seperti dikatakan Dandim 0420 Sarko Letkol Rohyat HA jika pihaknya saat ini terus melakukan pemantauan titik api.

"Intensitas hujan di Kabupaten Merangin saat ini memang rendah sehingga banyak dilakukan orang untuk membakar lahan, untuk itulah kami bersama tim gabungan Karhutla terus melakukan pemantauan titik api. Untuk saat ini di wilayah kami jika ada titik api langsung kita padamkan" jelas Rohyat

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini