Penyelidik Duga MH370 Dibelokkan Keluar Jalur dengan Sengaja

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 30 Juli 2018 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 30 18 1929359 penyelidik-duga-mh370-dibelokkan-keluar-jalur-dengan-sengaja-DFhlovQiFx.jpg Foto: Reuters.

KUALA LUMPUR – Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak 2014 kemungkinan sengaja dibelokkan keluar jalur penerbangan ke selatan Samudera Hindia. Namun, penyelidik tidak dapat memastikan siapa yang bertanggungjawab atas insiden ini.

Investigator dari Malaysia dan internasional telah mencari tahu mengapa jet Boeing 777-200ER itu berbelok ribuan kilometer dari rute yang direncanakan sebelum akhirnya jatuh ke Samudra Hindia.

BACA JUGA: Laporan Investigasi Dirilis, Penyelidik Belum Bisa Pastikan Penyebab Hilangnya MH370

Laporan penyelidikan insiden MH370 yang dirilis Pemerintah Malaysia pada Senin mengatakan, sulit untuk menyalahkan perubahan arah pesawat pada kerusakan sistem yang spesifik. Diduga pesawat berbelok arah dikarenakan sistemnya telah dimanipulasi.

Meski begitu, sama sekali tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa pesawat tersebut menghindari radar dengan sengaja atau adanya bukti perubahan perilaku pada kru pesawat.

Pimpinan Tim Investigasi Keselamatan MH370, Kok Soo Chon mengatakan, penyelidik telah memeriksa sejarah pilot dan kopilotnya dan mereka merasa puas dengan latar belakang, pelatihan dan kesehatan mental keduanya.

"Kami tidak berpendapat itu bisa menjadi insiden yang dilakukan oleh pilot," kata Kok sebagaimana dilansir Reuters, Senin (30/7/2018). Dia menambahkan bahwa tim penyelidik juga tidak mengesampingkan kemungkinan apa pun karena pesawat berputar secara manual, begitu juga dengan sistem penerbangan pesawat.

"Kami tidak dapat mengecualikan kemungkinan adanya campur tangan yang melanggar hukum oleh pihak ketiga," ujarnya.

BACA JUGA: Tragedi MH370: Pilot Sengaja Jatuhkan Pesawat atau Dalam Keadaan Pingsan?

Dia mengatakan, seluruh penumpang pesawat yang berasal dari 15 negara juga telah diperiksa latar belakangnya oleh negara asal mereka masing-masing dan hasilnya semua dalam keadaan sehat baik secara fisik mau pun mental.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju ke Beijing pada 8 Maret 2014 dengan membawa 239 penumpang dan krunya. Berbagai upaya pencarian untuk menemukan puing pesawat sampai saat ini tidak membuahkan hasil dan insiden itu tetap menjadi salah satu misteri terbesar penerbangan dunia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini