KH Ma'ruf Amin Ternyata Cicit Syeikh An Nawawi Al Bantani, Imam Besar Masjidil Haram

Anggun Tifani, Jurnalis · Sabtu 11 Agustus 2018 10:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 11 605 1935042 kh-ma-ruf-amin-ternyata-cicit-syeikh-an-nawawi-al-bantani-imam-besar-masjidil-haram-9nj8xBmWqS.jpg Jokowi dan KH Maruf Amin Mendaftar jadi Capres-Cawapres di Pilpres 2019 di KPU, Jakarta (foto: Arif Julianto/Okezone)

TANGERANG - Latar belakang KH Ma'ruf Amin, yang terpilih sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping Jokowi untuk bursa pemilihan presiden dan wakil presiden 2019-2024, ternyata memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Putra daerah asal Banten ini, ternyata merupakan cicit dari mantan Imam Besar Masjidil Haram, yakni Syeikh An Nawawi Al Bantani.

Bertemu Maruf Amin di Madinah, Irwansyah Minta Didoakan yang Terbaik

Hal itu, juga dibenarkan langsung oleh Ketua MUI Kota Tangerang, KH Edi Junaedi. "Yang saya dengar sih begitu, tapi memang dia kan lahir di Kresek dan di pondok pesantren An Nawawi di Serang sana, dia masih terus aktif mengabdi," ujarnya saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu (11/8/2018).

Ma'aruf Amin yang lahir di Kresek, Tangerang pada 11 Maret 1943 in, diharapkan oleh Edi, agar dapat menjadi sosok yang mampu mempersatukan para ulama dan umat Islam.

"Syukurin kita, kita juga kaget, karena kan kita mah engga ada arah kesana, tapi kalau memang itu untuk kebaikan ya saya setuju," ungkapnya.

Bagi Edi, Ma'aruf Amin dengan sosok yang sangat dihormati oleh kalangan santri. Diketahui sampai saat ini, dia juga masih sering menyambangi pesantren setiap hari Minggu untuk mengajarkan para santri yang berada di pondok yang beriri sejak 90 an tersebut.

Didampingi Sejumlah Ketum Parpol, Jokowi-Ma'ruf Amin Daftarkan Diri ke KPU

Edi berharap, ulama besar dari Banten itu, dapat menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan ulama. "Saya secara pribadi berharap yang terbaik baginya, dengan majunya dia sebagai cawapres saya berharap semoga dengan ini umat dapat bersatu," pungkasnya.

Diketahui, Syekh An Nawawi Bantani dilahirkan di Tanara, serang, Banten, pada tahun 1230 H/1813 M. Ayahnya seorang tokoh agama yang sangat disegani. Syekh asal Banten ini, masih punya hubungan nasab dengan Maulana Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati (Cirebon).

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini