300 Tewas Akibat Protes ke Pemerintah, Krisis Nikaragua Bisa Sama dengan Venezuela & Suriah

Agregasi VOA, · Jum'at 07 September 2018 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 07 18 1947274 300-tewas-akibat-protes-ke-pemerintah-krisis-nikaragua-bisa-sama-dengan-venezuela-suriah-j8O5gTJFNg.jpg Dubes AS untuk PBB, Nikki Halley (Foto; Reuters)

AMERIKA SERIKAT - Duta Besar America Serikat untuk PBB Nikki Haley memperingatkan, situasi di Nikaragua berisiko memburuk dan menjadi seperti Venezuela atau malahan Suriah.

“Setiap hari yang berlalu, Nikaragua semakin terpuruk ke dalam jalur seperti itu,” kata Haley dalam pertemuan DK PBB ketika membahas situasi di negara Amerika Tengah itu. “Ini merupakan jalur yang dijalani oleh Suriah, dan juga Venezuela.”

Lebih dari 300 warga Nikaragua telah tewas dan ratusan cedera sejak protes damai terjadi pada pertengahan April akibat pemotongan terhadap sistem jaminan sosial Presiden Daniel Ortega yang sudah lama berkuasa. Pemotongan itu dibatalkan, tetapi protes semakin membesar dan berubah menjadi tuntutan pengunduran diri presiden.

Kata Haley, DK tidak bisa berperan sebagai pengamat yang pasif, sementara situasi di Nikaragua terus memburuk dan “kita tahu ini arahnya kemana.”

“Eksodus dari Suriah menciptakan jutaan pengungsi yang menyebarkan ketidakstabilan di Timur Tengah dan Eropa,” kata Haley. “Eksodus dari Venezuela telah menjadi pengungsian terbesar dalam sejarah Amerika Latin. Eksodus warga Nikaragua akan membuat tetangga-tetangganya kewalahan dan menciptakan banjir migran dan pemohon suaka di Amerika Tengah.”

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini