Bersama Kim Jong-un, Presiden Korsel, Moon Jae-in Wujudkan Mimpi Daki Gunung Ikonik Paektu

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 20 September 2018 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 20 18 1953180 bersama-kim-jong-un-presiden-korsel-moon-jae-in-wujudkan-mimpi-daki-gunung-ikonik-paektu-uPmy7cDYHM.jpg Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in di Gunung Paektu, Korea Utara, 20 September 2018. (Foto: Reuters)

SEOUL – Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in mewujudkan salah satu mimpinya setelah mendaki Gunung Paektu di Korea Utara bersama dengan pemimpin negara itu, Kim Jong-un pada Kamis. Gunung yang juga dikenal dengan nama Baekdu itu adalah gunung tertinggi di Semenanjung Korea dan bagian dari legenda rakyat di wilayah tersebut.

Setelah kedua pemimpin berjanji akan mengambil langkah baru yang bertujuan menyelamatkan pembicaraan nuklir pada Rabu, Moon dan Kim memutuskan untuk menggunakan hari terakhir dari pertemuan tiga hari mereka untuk mendaki gunung simbolis di perbatasan China itu bersama-sama.

BACA JUGA: Beberapa Hal Menarik dari KTT Antar-Korea di Pyongyang

Moon dikenal gemar mendaki gunung, bahkan telah mendaki di Himalaya setidaknya dua kali. Dia juga telah lama mengungkapkan keinginannya untuk suatu hari mengunjungi Gunung Paektu.

"Saya memiliki mimpi yang belum dapat saya penuhi untuk waktu yang lama, yaitu mendaki Gunung Paektu dan Dataran Tinggi Kaema," kata Moon pada acara jamuan setelah pertemuan pertamanya dengan Kim di KTT antar-Korea April lalu.

"Aku yakin Ketua Kim akan mewujudkan impian itu menjadi kenyataan."

Berdasarkan keterangan kantor kepresidenan Korea Selatan yang dilansir Reuters, Kamis (20/9/2018), Moon terbang secara terpisah ke wilayah itu sebelum bergabung dengan Kim dan bersama-sama keduanya menggunakan kereta kabel ke Danau Surga, kaldera di puncak gunung. Mereka ditemani oleh pejabat dari kedua negara.

Gunung Paektu adalah puncak tertinggi di Semenanjung Korea dengan ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut. Menurut legenda, gunung itu diyakini sebagai asal-usul dari rakyat Korea, masuk dalam lirik lagu kebangsaan Korea Selatan dan muncul dalam propaganda Korea Utara.

BACA JUGA: AS Siap Lanjutkan Pembicaraan dengan Korut, Tetapkan Denuklirisasi pada 2021

Karena letaknya berada di perbatasan China dengan Korea Utara, Gunung Paektu bisa dicapai dari China di mana gunung itu disebut sebagai Gunung Changbai. Namun, menurut Juru Bicara Kepresidenan, Kim Eui-kyeom, Moon tidak pernah mengunjunginya karena ingin menginjak tanah Korea saat mendaki gunung tersebut.

Kim Jong-un juga diketahui beberapa kali mengunjungi gunung tersebut saat terjadi perkembangan-perkembangan besar di Korea Utara, seperti sebelum dia mengeksekusi pamannya, Jang Song-thaek pada 2013 dan setelah uji coba nuklir kelima Korea Utara pada 2016.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini