nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 5,9 SR Guncang Donggala Sulteng, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Salman Mardira, Jurnalis · Jum'at 28 September 2018 15:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 28 340 1956904 gempa-5-9-guncang-donggala-sulteng-warga-berhamburan-keluar-rumah-LUGqHO8mCj.jpg Ilustrasi (shutterstock)

JAKARTA – Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) sekira pukul 14.00 WIB. Warga berhamburan ke luar rumah saat gempa terjadi.

Gempa berpusat di koordinat 0,35 Lintang Selatan-119,82 Bujur Timur atau berjarak 8 kilometer arah barat laut Donggala. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer tersebut dipastikan tidak menimbulkan gelombang tsunami.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa berdasarkan laporan dari BPBD Donggala, belum ada korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa tersebut.

“Korban jiwa nihil, kerugian materil nihil,” kata Sutopo dalam keterangan tertulis diterima Okezone.

Sutopo Purwo Nugroho (Harits/Okezone)

Menurutnya pusat gempa berada di darat. Gempa dirasakan keras di dekat pusat gempa di sekitar barat-barat daya Buranga. Berdasarkan analisis gempa dirasakan intensitas V-VI MMI. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah.

“Gempa dirasakan sedang selama 10 detik di Kota Donggala. Sebagian masyarakat segera keluar rumah dan bangunan. Masyarakat berkumpul di tempat yang aman,” ujar Sutopo.

Gempa tidak berpotensi Tsunami. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa.

“BPBD masih melakukan pemantauan di lapangan. Jika ada informasi terkini akan segera dilaporkan ke Posko BNPB,” pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini