Kim Jong-un Hadiahkan Sepasang Anjing Khas Korut ke Presiden Korsel

Antara, · Senin 01 Oktober 2018 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 01 18 1957839 kim-jong-un-hadiahkan-sepasang-anjing-khas-korut-ke-presiden-korsel-bIEWCgh2b7.jpg Sepasang anjing Pungsan, khas Korea Utara. Foto: Istara Blue House Korsel/QZ

SEOUL - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiahkan sepasang anjing Pungsan berwarna putih khas Korea Utara kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Moon dan Kim mengadakan pertemuan ketiga mereka pada tahun ini di ibu kota Korea Utara, Pyongyang, pada pertengahan September, ketika Kim mengusulkan hadiah anjing itu, kata pernyataan kantor Presiden Korea Selatan, Griya Biru, pada Senin (1/1/2018) mengutip Reuters.

Kedua anjing itu melewati daerah bebas tentara, yang dijaga ketat, dan desa gencatan senjata Panmunjom ke Korea Selatan pada Kamis.

Kim menyeberangi tempat itu untuk pertemuan pertamanya dengan Moon pada April tahun ini.

Foto/Reuters 

Trah itu, dinamakan seperti nama daerah di Korea Utara, dikenal setia dan terampil berburu, bahkan harimau. Satwa tersebut ditetapkan sebagai hewan "pusaka alam" Korea Utara.

Keduanya akan tinggal dengan Anjing Pertama Korea Selatan, Tori, yang menjadi anjing penampungan pertama tinggal di gugus kepresidenan Korea Selatan.

Moon, yang dikenal sebagai penyayang binatang, memungut trah hitam campuran Tori pada Juli tahun lalu, dua bulan sesudah menjabat.

Itu bukan pertama kali pemimpin Korea Utara mengirim sepasang anjing Pungsan kepada pemimpin Korea Selatan.

Pada 2000, pemimpin Korea Utara Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un, mengirim dua anjing Pungsan ke Presiden Korea Selatan Kim Dae-jung ketika mereka mengadakan pertemuan pertama antar-Korea.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini